Langsung ke konten utama

Pentingnya Pemantauan Kehamilan Sehat Sejak Dini




Daftar isi:

- Pemantauan Kehamilan

- Manfaat pemantauan

- Pemeriksaan pada kehamilan

- Pemantauan ibu

- Pemantauan pada Janin



Apakah pemantauan masa kehamilan penting? Banyak ibu yang tidak mengetahui, sewaktu melahirkan baru terdeteksi bayi tidak tumbuh normal. Ternyata pemeriksaan ibu selama kehamilan itu penting. Terutama pada kehamilan anak pertama. Perlu diedukasi. Pada masa trimester I sampai III sampai masa persalinan.

Menurut WHO yang dilansir dari kanal pengetahuan.fk.ugm.ac.id bahwa angka kematian ibu dan janin masih tinggi. Kesadaran ibu- ibu dan ayah kurang akan Antenatal Care (ANC) yaitu perawatan yang dilakukan sejak ibu hamil sampai melahirkan.


Manfaat Pemantauan Kehamilan

Agar diperoleh kehamilan sehat pada Ibu, maka amat penting melakukan pemantauan sejak dini.

Banyak manfaat yang didapat ibu, yaitu:

  1. Mencegah penyakit komplikasi, riwayat penyakit, pembedahan.
  2. Perkembangan janin diperiksa sejak dini. Mengetahui pertumbuhan janin.
  3. Janin perkembangannya, kesehatan ibu dan anak terjaga dengan baik.
  4. Trauma akibat persalinan yang terjadi bayi lahir dengan selamat, dipersiapkan dengan baik.
  5. Kesakitan saat melahirkan bisa diminimalisir. Kematian ibu.
  6. Anak saat lahir tumbuh secara normal. Ibu dan keluarga mempersiapkan dengan baik.
  7. Bisa memberikan asi ekseklusif pada bayi. Bisa melewati masa persalinan, nifas dengan baik.

Menurut WHO diperlukan 8x kunjungan kontak dengan petugas kesehatan dokter. Sejak tahun 2016, wanita hamil harus melakukan USG dalam masa 24 minggu kehamilan terdeteksi jika ada kelainan pada janin dan kehamilan multifetal.

Setelah 24 minggu tetap dilakukan. Trimester I( 10- 24 minggu), trimester II( 14- 28 minggu), 2 kali ketika trimester III( 28- 36 minggu).

Peningkatan kualitas kehamilan, pengalaman postitif ibu selama kehamilan. Penjagaan dan kekuatan pada janin selama kehamilan.


Pemantauan pada ibu

Ada beberapa cara pemantauan pada ibu yang sedang hamil, yaitu meliputi:

  • Pemberian makanan dan diet.

Makanan bergizi, protein, vitamin, energi selama kehamilan asupannya perlu diberikan. Olah raga secara rutin. Mencegah berat badan rendah pada bayi. Pembatasan agar ibu tidak obesitas.
  •   Pemberian vitamin.

Vitamin A untuk mencegah rabun senja, vitamin C, vitamin D, vitamin E diperlukan untuk ibu hamil.
  • Pemberian suplemen.

Dosis pemberian suplemen, kalsium dosis harian- gr perhari untuk mencegahpre-eklampasia.
  • Pemeriksaan darah.

Golongan darah, hemoglobin ( HB), HIV, diabetes dan lainnya. Agar mengetahui kemungkinan penyakit komplikasi selama kehamilan.

  • Pemeriksaan tekanan darah.

Normalnya tekana darah 110/80 hingga140/90 mHg. Dokter akan memastikan tekanan darah lebih dahulu untuk mengetahui normal tidaknya. Jika terlalu tinggi atau rendah dokter akan membahas lebih detail.
  • Pemeriksaan berat badan dan tinggi badan.

Pertama-tama berat ditimbang dan tinggi badan diukur. Untuk mengetahui normal tidaknya. Setiap bulan diperiksa. Memcegah berat badan berlebih atau rendah selama kehamilan.

  • Pemeriksaan perkembangan janin.

Mengetahui adanya risiko cacat, kematian, infeksi gangguan pertumbuhan selama 16 minggu masa kehamilan. Denyut jantung diperiksa melalui USG.

  • Vaksin.

Vaksin tetanus dan lainnya. Untuk mencegah penyakit.

Pemantauan pada janin sedangkan pemantauan pada janin bertujuan untuk mengetahui perkembangannya, mulai dari denyut jantung, apakah ada kelainan dan penyakit.

Adapun pemeriksaan janin sebaiknya dilakukan setiap bulan, seperti yang disampaikan oleh bapak Agus Jatmika Soegiarto pemilik klinik Kehamilan Sehat, pada acara pertemuan Sarapan IIDB tanggal 2 Juni 2022 melalui zoom.

Bapak Agus awalnya memulai karir sebagai sales alat medis, yaitu ultrasonic sales. Interaksinya dengan berbagai dokter kandungan akhirnya berinisiatif membuka klinik dengan fasilitas lengkap setara rumah sakit. Tujuannya membuka klinik Kehamilan Sehat adalah membantu ibu hamil melahirkan secara normal.

Klinik-klinik yang sudah dibuka ada di Jakarta Timur, Tangerang, Bekasi, Palembang, Bandung, Surabaya, total lebih dari 15 cabang. Sekarang ini bahkan mlayani lebih dari 200.000 pasien.

Fasilitas yang ada di klinik selain memantau kehamilan sehat Ibu hamil juga melakukan pemeriksaan USG untuk memantau perkembangan janin.

Melayani, mengedukasi para ibu. Membantu mitra klinik yaitu bidan, dokter kandungan fokus pada pelayanan dan edukasi. Memberi manfaat. Membutuhkan pendampingan ibu- ibu hamil khususnya hamil anak pertama, mengedukasi literasi seputar kehamilan. Pengetahuan umum. Jika hanya dari internet. Belum pasti kebenarannya. Pasien mengatakan dengan harga terjangkau bisa memperoleh fasilitas yang bagus. Mendapat pelayanan yang terbaik.

Banyak ibu yang hanya dengan bertanya cukup untuk mengetahui jawabannya. Padahal perlu pemeriksaan lebih lanjut.

Program hamil, pemasangan UID dan lainnya. Pemeriksaan dengan tarif murah mendapatkan fasilitas yang lengkap. Senam hamil untuk couple.


Profil Agus Jatmika Soegiarto

Instagram:

https://instagram.com/ajs_kss?igshid=YmMyMTA2M2Y=




Likend :




https://www.linkedin.com/in/agus-jatmika-soegiarto-392b35209


Bisa menghubungi cabang klinik kehamilan sehat terdekat:

Info:

Facebook:

https://m.facebook.com/Kehamilan-Sehat-104254521934762

Instagram:

https://www.instagram.com/kehamilansehat




Youtube :

/https://youtube.com/channel/UCmsu2ZOBl8MktdCbARz0ACA

Website:

https://kehamilansehat.com/id/



Komentar

Haning Arum S. mengatakan…
Pemeriksaan lengkap sebelum dan saat kehamilan memang penting ya mbak agar bumil dan janin sehat. Suka infonya, trims for sharing mbak ❤️
Ayu Putu mengatakan…
Menurut saya sangat penting, pemeriksaan diawal kehamilan. Untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan pada ibu dan janin.
Terima sharingnya. Keren ulasannya
Imawati A. Wardhani mengatakan…
Penting banget menurut saya pemeriksaan rutin kehamilan. Di awal hamil, saya terdeteksi ada kista dan miom. Jadi treatment kehamilannya betul-betul dipantau sama dokter. Kita juga jadi tau apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama hamil. Nggak percaya ama mitos-mitos belaka. Hehe..
Matanora.com mengatakan…
Penting banget untuk memeriksakan kehamilan secara rutin. Jadi dari awal kehamilan bisa tau dengan benar keadaan janin
Rahayu mengatakan…
Memeriksakan kehamilan memang hal wajib bagi ibu ya.
Kesadaran calon orangtua akan kesehatan janin juga ibu perlu mulai dikampanyekan.

Postingan populer dari blog ini

Dian Restu Agustina Inspirasiku Dalam Menulis

   Saat ini saya sedang dalam situasi genting,  ga ding lebay 😅. Tepatnya ditantang membuat tulisan tentang seorang penulis, pengusaha atau tokoh. Nggak harus terkenal sih, tapi menginspirasi. Saya langsung teringat dengan salah satu teman Facebook yang juga satu komunitas di Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) dan komunitas blogger, Dian Restu Agustina.    Mbak Dian adalah seorang Ibu Rumah Tangga, freelance writer dan lifestyle blogger. Mengapa memilihnya? Lantaran setiap baca tulisannya, saya merasa bersemangat dan selalu terinspirasi. Saat jenuh melanda, membaca tulisan Mbak Dian membuat saya termotivasi lagi😍.     Mbak Dian menulis tentang pengalaman sehari-hari menjadi seorang Ibu Rumah Tangga di blognya, www.dianrestuagustina.com. Ia juga menulis di beberapa media online seperti ummi-online.com, salah satunya: http://www.ummi-online.com/wahai-suami-hindari-kata-kata-ini-saat-bercanda-dengan-istri.html Dan di takaitu: http://takaitu.com/kamu-harus-tahu-ternyata-budaya-matr

Cara Menjadi Ibu yang Produktif di Rumah

(sumber:unsplash.com) Seorang Ibu  kadang merasa bosan saat berada di rumah, selalu ingin melakukan aktivitas yang bermanfaat. Di sela waktu mengurus rumah, suami dan anak. Dengan tugas yang ga ada habisnya, Ibu ingin produktif ,ya. Ada yang berbisnis online, freelancer, melakukan kegiatan yang disukai tetapi tetap bisa bermain dengan anak-anak. Lalu bagaimana ya caranya agar bisa tetap produktif di rumah?Inilah cara yang bisa Ibu lakukan dilansir dari berbagai sumber: 1. Buatlah perencanaan dan patuhilah. Dengan membuat perencanaan kita dapat menyelesaikan pekerjaan lebih baik ya, Bu. Karena sudah lebih tahu apa yang harus dilakukan hari itu. Bisa dengan membuat rencana harian, mingguan, atau bulanan. Dilakukan sebelum tidur malam, buat kegiatan yang biasa Ibu lakuin ya, berapa lama. Lalu dipatuhi. 2. Melakukan kegiatan sesuai hobi. Misalnya kalau Moms hobi merajut, masak, menulis dan lainnya. moms bisa lakukan disela waktu mengurus anak. Misalnya setelah anak berangkat se

Menikmati Pemandangan sambil Ngopi Di Ngopi di Kebon Bandung

Apa Emak suka ngopi? Atau ingin berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan di kebun, melihat pemandangan, bunga-bunga, menemani anak bermain, nikmatnya tiada tara ya. Saya juga sangat menikmati saat diajak ke ngopi di kebon Bandung suatu sore. Saat itu ada saudara yang tinggal di Bandung dan merekomendasikan tempat ini. Katanya bagus banget lho, makanannya enak-enak, Kita bisa lihat pemandangan, bukit, kebun dan bunga-bunga. Ternyata setelah Saya ke sana memang seru dan senang menikmati pemandangan di bukit yang tinggi. Melihat bunga-bunga, ada tempat bermainnya juga. Sewaktu  kesana memang udara sangat sejuk dan segar. Kita langsung pesan makanan. Sambil menunggu pesanan datang, Kita asyik melihat pemandangan yang menyegarkan mata. Melihat pemandangan Bandung Selatan, juga menemani keponakan main. Www.wisatabandung.com    Biasanya yang datang ke sana sekedar santai atau reuni atau arisan bisa juga buat yang foto pre-wedding atau resepsi nikahan. Indah banget pemandangannya. A