Jumat, 12 Februari 2021

Investasi Aman saat Resesi

 

Saat ini situasi memang tidak menentu ya, dears. Banyak pemutusan lapangan kerja. Usaha yang mengalami kegagalan akhirnya bangkrut karena tidak sanggup menggaji para karyawan. Saham yang anjlok, mengalami kerugian dan lainnya.

        Ditandai dengan produk Domestik Bruto ( PDB) yang turun pada tahun 2020. 3,49 persen dari waktu ke waktu.

       Kamis 5-1 2020 ekonomi republik Indonesia PDB kuartal 2 atas dasar harga berlaku 3,894 triliun. Tahun 2010 2,720,6 milyar pengeluaran pertahun. Konsumsi rumah tangga menurun.

 

Pengertian resesi

 

         Resesi adalah jumlah penurunan yang berlangsung. Selama berbulan-bulan. Bahkan bertahun-tahun, bidang ekonomi yang paling terasa.

        Indikator resesi bisa dilihat dari beberapa hal, yaitu:

·       Penurunan PDB

·       Pendapat rill menurun. Jumlah lapangan kerja rendah.

·       Terpuruk industri manufaktur dan industri.

·       Pertumbuhan ekonomi berada pada nilai minus pada dua kuartal. Menurut Fahmi Radhi pengamat ekonomi Universitas Gajah Mada.

 

Penyebab resesi

 

   Ketidak seimbangan produksi dan konsumsi. Terjadi karena masalah pada siklus ekonomi yang merupakan dasar pertumbuhan ekonomi. Jika pembelian menurun dapat mengakibatkan terjadinya penumpukan persediaan barang.

      Daya beli masyarakat tinggi. Tapi, produksi rendah akan menyebabkan kerugian. Perusahaan harus mengimport. Jadi pasar modal akan lemah dan laba perusahaan akan turun.

Banyak hutang

     Kebangkrutan terjadi karena banyak hutang, membalikan ekonomi. Bisnis atau individu tidak mampu membayar tagihan, hutang jafi bertumpuk.

 

Menggelembung aset.

      Allan Greenspan pemimpin FED mengatakan  investasi yang fiforong oleh emosi menjadi panic sellinf. Menggelembungkan aset, sehingga menjadi pecah dan pasar saham menkadi hancur terjadilah resesi. Kala saham sedang mendapat keuntungan besar. Terjadi pada tahun 1990an.

 

Inflasi

    Pada tahun 1970an Amerika Serikat pernah mengalami resesi karena inflasi. Inflasi adalah naiknya harga dari waktu ke waktu secara berlebihan. Kenaikan suku bunga dari aktivitas ekomoni dari Bank Indonesia dan Bank sentral Amerika Serikat.

 

Deflasi

       Deflasi harga daribwaktu ke waktu turun, upah menyusut, menekan harga. Jepang pada tahun 1990an pernah menfalami tesesi. Berjuang dengan keadaan deflasi yang tidak terkensali orang dan bisnis berhenti berbelanja. Berdamoak pada suatu negara.

 

Bencana alam.

      Kerugian yang diakibatkan bencana alam seperti longsor, banjir, dan lainnya.

 

Dampak resesi

    Beberapa kuartal menghambat pertumbuhannya. Laba perusahaan akan turun PDB, pekerjaan dan lainnya.

    Pengurangan suku bunga oleh pemerintah yang mengalami resesi. Pertumbuhan ekonomi paling tinggi hanya bisa 0 % quartal 2020. Bila tidak cepat diatasi maka akan ada di zona negatif. Melengkapi quartal 2 2020 angka 5,3% Sri Mulyani memprediksi kontraksi oertumbuhan 2 kuartal berturut-turut.

 

Cara menghadapi resesi

       Mengubah pola kebiasaan

       Jika dulu kebiasaan jajan, nonton di bioskop. Tidak ada salahnya dikurangi. Apalagi saat pandemi. Kemungkinan ada krisis bahan pangan. Menghemat pengeliaran. Lebih banyak masak sendiri. Resep bisa dicari melalui google, youtube dan lainnya.

Menabung

         Mempersiapkan dana sewaktu-waktu usaha atau ada pemutusan lapangan kerja. Buat freelancer bisa mempersiapkan tabungan untuk dana darurat, lifestyle dan lainnya.

Punya usaha baru.

         Cari peluang usaha baru yang bisa dijalani. Bidangnya sesuai minat. Penulisan, design dan lainnya.

Bisnis online

          Kerja secara online juga bisa dijalankan. Seperti copywriter, design, jasa menulis artikel, gost writer dan lainnya. Bisa juga jadi reseller suatu produk. Saat ini peluang mempromosikan buku, training dan lainnya sangat luas.

 

        Tentunya pemerintah sudah berupaya untuk mengatasi inflasi, resesi tidak sampai pada deflasi.

       Bagaimana cara menghadapi resesi, apakah masih bisa berinvestasi?

·       Menabung

        Membuat tabungan rencana tahunan, harian. Buat rekening terpisah

 

·       Emas


Saat berinvestasi yang aman salah satunya adalah emas untuk investasi jangka panjang. 

  


       

·       Reksadana

·       Menyiapkan proteksi diri.

Properti

      Bisa berupa tanah, rumah dan lainnya.

Bisnis

     Dijalankan sendiri atau mencari partner. Usaha yang bisa dijalani fashion, jasa ekspedisi, kuliner, alat tulis kantor

Referensi:

Kompas.com/resesi

Wikipedia.id/pengertianresesi

Tirto.com/pengertian, penyebabresesi

    

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

      

       

 

     

   

 

 

 

 

 

       

 

 

 

 

           

     

Tidak ada komentar:

Teknologi Alat Pengelolaan Sampah Menjadi Berkah

  Sampah-sampah yang tidak dikumpulkan ke tempat pembuangan, akan menimbulkan bau yang kurang sedap.   Tempat pembuangan sampah. 178 ribu ...