Langsung ke konten utama

Pendidikan sebagai Bekal Menuju Kebaikan

unsplash.com

“Orang yang terdidik adalah seseorang yang berpengetahuan luas, berbuat baik”artinya pendidikan adalah jalan menuju kebaikan. Dunia pendidikan memang menyangkut banyak hal”.
            Sedari kecil kita belajar mengenal Tuhan, adab-adab, tentang alam dunia dan seisinya, belajar memahami kitab suci Alquran beserta artinya. Dari bayi mulai belajar merayap, merangkak, berjalan hingga berlari. Mulai dari diri sendiri bagaimana berakidah, beribadah, bagaimana berinteraksi juga beradaptasi dengan lingkungan. Semuanya membutuhkan proses.
            Dunia pendidikan menarik buat saya pelajari, karena memang mengajar Taman kanak-kanak, menulis blog tentang pendidikan, anak dan bahasa Inggris untuk anak-anak. Menurut id.wikipedia.org pendidikan adalah pembiasaan, keterampilan, pengetahuan yang diturunkan dari generasi ke generasi melalui bimbingan atau otodidak.
            Pada umumnya pendidikan formal dari playgrup hingga kuliah. Atau sebagian orang menyekolahkan anaknya di rumah atau homeschooling. Pendidikan informal seperti kursus atau pelatihan. Secara etimologi pendidikan berasal dari bahasa latin “ducare”:menuntun atau mengarahkan atau memimpin.Setiap anggota keluarga mempunyai peran dalam pendidikan anggota keluarganya.
            Mark Twain berkata:”Ia tidak pernah membiarkan sekolah mengganggu pendidikannya”. Ia adalah contoh bahwa pendidikan sehari-hari itu lebih baik baginya. Pendidikan yang utama adalah pendidikan agama. Agama mengajarkan pentingnya menuntut ilmu. Dengan ilmu kita mempunyai akhlak yang mulia, lebih bijak dalam berpikir dan bertindak. Selain mempunyai pengetahuan yang luas. Di terapkan untuk member manfaat kepada sekitarnya.
            “Dan tidak sepatutnya orang-orang mukmin itu semuanya pergi ke medan perang. Mengapa sebagian dari setiap golongan di antara mereka tidak pergi untuk menuntut ilmu agama mereka dan untuk memperingati kaumnya apabila ,mereka telah kembali, agar mereka dapat menjaga dirinya”(QS At-Taubah:122). Jadi pendidikan itu wajib.
            Banyak hal yang didapat dalam dunia pendidikan, yaitu:
v  Pendidikan adalah sarana menuju kebaikan.
Artinya kita akan menjadi pribadi yang lebih baik karena terdidik. Selalu mendapat bimbingan dalam memperoleh ilmu pengetahuan.
v  Pendidikan akan membuat seseorang belajar tentang kehidupan.
Pendidikan mulai dari rumah, diajarkan bagaimana berakhlak mulia, berinteraksi dengan sesama, belajar tentang banyak hal.
v  Pendidikan sebagai pegangan untuk mendapat pekerjaan.
Pendidikan dapat menjamin seseorang mendapat pekerjaan. Karena akan membuat seseorang menjadi ahli dibidangnya.
v  Pendidikan akan membuat seseorang sukses.
Seseorang yang mau belajar dengan sungguh-sungguh, Ia akan meraih kesuksesan. Memperluas wawasannya, pengetahuannya.

Itulah sebabnya, dunia pendidikan selalu berkembang. Tema yang tidak habis dibahas, selalu ada hal yang harus dipelajari setiap saat. kalau sahabat Rinny ngeblog sukanya tema apa?

sumber:
id.wikipedia.org
Alquran dan terjemahannya
#bloggerperempuan
#BPN30dayschallege2018
day2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dian Restu Agustina Inspirasiku Dalam Menulis

   Saat ini saya sedang dalam situasi genting,  ga ding lebay 😅. Tepatnya ditantang membuat tulisan tentang seorang penulis, pengusaha atau tokoh. Nggak harus terkenal sih, tapi menginspirasi. Saya langsung teringat dengan salah satu teman Facebook yang juga satu komunitas di Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) dan komunitas blogger, Dian Restu Agustina.    Mbak Dian adalah seorang Ibu Rumah Tangga, freelance writer dan lifestyle blogger. Mengapa memilihnya? Lantaran setiap baca tulisannya, saya merasa bersemangat dan selalu terinspirasi. Saat jenuh melanda, membaca tulisan Mbak Dian membuat saya termotivasi lagi😍.     Mbak Dian menulis tentang pengalaman sehari-hari menjadi seorang Ibu Rumah Tangga di blognya, www.dianrestuagustina.com. Ia juga menulis di beberapa media online seperti ummi-online.com, salah satunya: http://www.ummi-online.com/wahai-suami-hindari-kata-kata-ini-saat-bercanda-dengan-istri.html Dan di takaitu: http://takaitu.com/kamu-harus-tahu-ternyata-budaya-matr

Cara Menjadi Ibu yang Produktif di Rumah

(sumber:unsplash.com) Seorang Ibu  kadang merasa bosan saat berada di rumah, selalu ingin melakukan aktivitas yang bermanfaat. Di sela waktu mengurus rumah, suami dan anak. Dengan tugas yang ga ada habisnya, Ibu ingin produktif ,ya. Ada yang berbisnis online, freelancer, melakukan kegiatan yang disukai tetapi tetap bisa bermain dengan anak-anak. Lalu bagaimana ya caranya agar bisa tetap produktif di rumah?Inilah cara yang bisa Ibu lakukan dilansir dari berbagai sumber: 1. Buatlah perencanaan dan patuhilah. Dengan membuat perencanaan kita dapat menyelesaikan pekerjaan lebih baik ya, Bu. Karena sudah lebih tahu apa yang harus dilakukan hari itu. Bisa dengan membuat rencana harian, mingguan, atau bulanan. Dilakukan sebelum tidur malam, buat kegiatan yang biasa Ibu lakuin ya, berapa lama. Lalu dipatuhi. 2. Melakukan kegiatan sesuai hobi. Misalnya kalau Moms hobi merajut, masak, menulis dan lainnya. moms bisa lakukan disela waktu mengurus anak. Misalnya setelah anak berangkat se

Menikmati Pemandangan sambil Ngopi Di Ngopi di Kebon Bandung

Apa Emak suka ngopi? Atau ingin berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan di kebun, melihat pemandangan, bunga-bunga, menemani anak bermain, nikmatnya tiada tara ya. Saya juga sangat menikmati saat diajak ke ngopi di kebon Bandung suatu sore. Saat itu ada saudara yang tinggal di Bandung dan merekomendasikan tempat ini. Katanya bagus banget lho, makanannya enak-enak, Kita bisa lihat pemandangan, bukit, kebun dan bunga-bunga. Ternyata setelah Saya ke sana memang seru dan senang menikmati pemandangan di bukit yang tinggi. Melihat bunga-bunga, ada tempat bermainnya juga. Sewaktu  kesana memang udara sangat sejuk dan segar. Kita langsung pesan makanan. Sambil menunggu pesanan datang, Kita asyik melihat pemandangan yang menyegarkan mata. Melihat pemandangan Bandung Selatan, juga menemani keponakan main. Www.wisatabandung.com    Biasanya yang datang ke sana sekedar santai atau reuni atau arisan bisa juga buat yang foto pre-wedding atau resepsi nikahan. Indah banget pemandangannya. A