Rabu, 21 November 2018

Pendidikan sebagai Bekal Menuju Kebaikan

unsplash.com

“Orang yang terdidik adalah seseorang yang berpengetahuan luas, berbuat baik”artinya pendidikan adalah jalan menuju kebaikan. Dunia pendidikan memang menyangkut banyak hal”.
            Sedari kecil kita belajar mengenal Tuhan, adab-adab, tentang alam dunia dan seisinya, belajar memahami kitab suci Alquran beserta artinya. Dari bayi mulai belajar merayap, merangkak, berjalan hingga berlari. Mulai dari diri sendiri bagaimana berakidah, beribadah, bagaimana berinteraksi juga beradaptasi dengan lingkungan. Semuanya membutuhkan proses.
            Dunia pendidikan menarik buat saya pelajari, karena memang mengajar Taman kanak-kanak, menulis blog tentang pendidikan, anak dan bahasa Inggris untuk anak-anak. Menurut id.wikipedia.org pendidikan adalah pembiasaan, keterampilan, pengetahuan yang diturunkan dari generasi ke generasi melalui bimbingan atau otodidak.
            Pada umumnya pendidikan formal dari playgrup hingga kuliah. Atau sebagian orang menyekolahkan anaknya di rumah atau homeschooling. Pendidikan informal seperti kursus atau pelatihan. Secara etimologi pendidikan berasal dari bahasa latin “ducare”:menuntun atau mengarahkan atau memimpin.Setiap anggota keluarga mempunyai peran dalam pendidikan anggota keluarganya.
            Mark Twain berkata:”Ia tidak pernah membiarkan sekolah mengganggu pendidikannya”. Ia adalah contoh bahwa pendidikan sehari-hari itu lebih baik baginya. Pendidikan yang utama adalah pendidikan agama. Agama mengajarkan pentingnya menuntut ilmu. Dengan ilmu kita mempunyai akhlak yang mulia, lebih bijak dalam berpikir dan bertindak. Selain mempunyai pengetahuan yang luas. Di terapkan untuk member manfaat kepada sekitarnya.
            “Dan tidak sepatutnya orang-orang mukmin itu semuanya pergi ke medan perang. Mengapa sebagian dari setiap golongan di antara mereka tidak pergi untuk menuntut ilmu agama mereka dan untuk memperingati kaumnya apabila ,mereka telah kembali, agar mereka dapat menjaga dirinya”(QS At-Taubah:122). Jadi pendidikan itu wajib.
            Banyak hal yang didapat dalam dunia pendidikan, yaitu:
v  Pendidikan adalah sarana menuju kebaikan.
Artinya kita akan menjadi pribadi yang lebih baik karena terdidik. Selalu mendapat bimbingan dalam memperoleh ilmu pengetahuan.
v  Pendidikan akan membuat seseorang belajar tentang kehidupan.
Pendidikan mulai dari rumah, diajarkan bagaimana berakhlak mulia, berinteraksi dengan sesama, belajar tentang banyak hal.
v  Pendidikan sebagai pegangan untuk mendapat pekerjaan.
Pendidikan dapat menjamin seseorang mendapat pekerjaan. Karena akan membuat seseorang menjadi ahli dibidangnya.
v  Pendidikan akan membuat seseorang sukses.
Seseorang yang mau belajar dengan sungguh-sungguh, Ia akan meraih kesuksesan. Memperluas wawasannya, pengetahuannya.

Itulah sebabnya, dunia pendidikan selalu berkembang. Tema yang tidak habis dibahas, selalu ada hal yang harus dipelajari setiap saat. kalau sahabat Rinny ngeblog sukanya tema apa?

sumber:
id.wikipedia.org
Alquran dan terjemahannya
#bloggerperempuan
#BPN30dayschallege2018
day2

Tidak ada komentar:

Teknologi Alat Pengelolaan Sampah Menjadi Berkah

  Sampah-sampah yang tidak dikumpulkan ke tempat pembuangan, akan menimbulkan bau yang kurang sedap.   Tempat pembuangan sampah. 178 ribu ...