Selasa, 16 Oktober 2018

Inilah Cara Hidup Sehat Saya




Sehat memang mahal. Memang benar adanya, karena kalau Kita sakit banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk berobat ke dokter, obat-obatannya. Apalagi kalau menderita penyakit yang serius seperti stroke, kanker, diabetes, dan lainnya. Kemoterapi, operasi, berbagai terapi lainnya. Tentunya lebih baik mencegah daripada ,mengobati.
            Kesehatan adalah nikmat yang diberikan Allah SWT yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Kita bisa bernafas, hidup tanpa suatu kekurangan, sehat walafiat, tentunya sesuatu yang patut Kita syukuri.ternyata penyakit datang karena gaya hidup, kebiasaan sehari-hari, pola makan, merokok, stres bisa mempengaruhi kesehatan, Dears. Caranya mudah tapi nerapinnya yang susyah. Banyak godaannya gorengan, junkfood atau makanan cepat saji, makanan instant dan lain-lain dech.
            Kesehatan itu bukan hanya jasmani saja tapi rohani juga harus dijaga ”mensana in korporesano=di dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang kuat. Menurut santrijawa.com pola hidup sehat itu usaha menusia untuk menjaga diri agar selalu sehat jasmani dan rohani.Menjaga kenikmatan dengan sebaik-baiknya. Kalau Kita sehat pastinya bisa melakukan semua aktivitas dengan baik ya, Dears. Coba kalau sakit, mau apa-apa ga enak, tidur ga bisa, badan rasanya lemes dan sakit semua. Buat yang sedang sakit semoga cepat sembuh ya.
            Saya masih pelan-pelan sich menjaga kesehatan, mulai dari menjaga pola makan, mencoba ga stress, ternyata banyak manfaatnya lho mencegah penyakit,suasana hati lebih baik, lebih berenergi dan bersemangat, tubuh lebih kuat, karena faktor keturunan ada penyakit tertentu dan pastinya beresiko terkena juga. Inilah cara hidup lebih sehat ala Saya,dears. Yaitu:
·         Mengurangi gorengan.


Sedapat mungkin mengurangi makanan yang digoreng kaya bakwan, tahu isi dan lainnya. Kalaupun digoreng minyak yang digunakan yang dua kali penyaringan, mengandung omega 3, atau minyak zaitun. Kalau ga dikukus ya ditumis.

·         Banyak minum air putih.

Minum 8 gelas perhari. Biasanya sambil nulis, masak selalu minum, disimpan di botol atau minum infuse water pake lemon. Minum air putih bermanfaat buat kesehatan, menjaga kesehatan kulit, mencegah dehidrasi.
·         Mengosumsi sayur dan buah.
www.unsplash.com by Michele

Saat makan salah satu menu pastinya selalu ada sayur jadi lalapan atau sop atau tumis sayur dan lainnya. Kosumsi buah juga harus bisa dijus atau dimakan gitu aja. Biasanya mangga, melon, pepaya, jeruk dan lainnya
·         Minum susu
Susu mengandung kalsium, vitamin A,B,C, D,E yang baik untuk kesehatan tulang, kulit. Selain susu sapi juga susu kedelai.
·         Sarapan
Supaya sehat dan berenergi harus sarapan pagi. Selain itu sarapan bisa menjaga kekuatan beraktivitas seharian penuh. Bisa roti, mie goreng, nasi goreng.
·         Mengelola stres.
·         Setiap manusia pasti punya masalah, mengalami stres supaya ga berkepanjangan jadi depresi pastinya punya cara mengelolanya. Ya banyak berdoa, bersyukur, melakukan yang Kita suka. Berusaha berpikir positif aja.
·         Olahraga.
Jalan pagi keliling komplek atau main bola sama keponakan udah cukup. Banyak gerak aktif. Menurut aladokter.com salah satu cara hidup sehat adalah berolahraga secara teratur. Manfaatnya tubuh sehat, meningkatkan energi, mencegah stres.
·         Istirahat cukup.
Ditengah kesibukan biasanya Kita lupa beristirahat. Agar tubuh sehat tidur harus 8 jam setiap hari. Sedapat mungkin Saya tidak tidur terlalu malam sekitar pukul 22;00.
·         Menjaga kebersihan diri.
Kebersihan sebagian dari iman. Rajin sikat gigi, mandi. Kebersihan lingkungan sekitar juga rajin merapihkan rumah setiap hari.
Itulah cara hidup sehat yang sudah Saya lakukan sampai saat ini, mudah-mudahan kosisten dan semangat terus. Salam sehat.
Manfaat donor darah (backlink: http://bit.ly/2xDrdAi)
DokterSehat (backlink: http://bit.ly/2xCxrjL)
referensi:
alodokter.com
santrijawa,com
Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog #aksisehatceria dari doktersehat.com

26 komentar:

Bety Kristianto mengatakan...

Minum air putih dan makan buah dan sayur lebih banyak itu paling oke buat jaga kesehatanya mba. Semoga kita dijauhkan dari penyakit berbahaya. Amin

Dwi Arumantikawati mengatakan...

Setuju, pola hidup sehat itu ikhtiar kita dan sebagai wujud syukur kepada Allah krn dikaruniai tubuh sempurna sesuai fungsinya.

Dian Restu Agustina mengatakan...

Mbak, aku masih suka gorengan hiks...
Terima kasih sudah diingatkan lewat cara hidup sehat ini yaa..

Damar Aisyah mengatakan...

Aku juga lagi berbenah diri, Mbak. Pengin sehat jasmani rohani biar awet momong anak-anak

Emmy Herlina mengatakan...

Sebenarnya udah tahu lama ya pola hidup sehat ini tapi entah kenapasulit sekali mengikuti. Apalagi bagian istirahat cukup. Sejak punya baby, dan skrg mutusin jadi penulis jarang kayaknya tidur cukup. Haha

Tatiek Purwanti mengatakan...

Pola hidup sehat mah harus disiplin diterapkan ya. Kadang agak ribet tapi demi kesehatan yg prima, kenapa tidak? Yuk, ber-Aksi Sehat Ceria!

hani mengatakan...

Saya baru mulai jalan pagi nih. Perasaan udah jalan jauh, pas dihitung pakai step count, kok ya cuman 500 langkah. Padahal dng tinggi dan berat spt sekarang, menurut aplikasi harus jalan 5000 langkah.
Alaaamaak...

Srie Ningsih Ali mengatakan...

Setuju pola.hidup sehat, makan makanan gizi seimbang & olahrga secara.teratur & terukur sesuai usia.

Muyassaroh mengatakan...

Masih doyan gorengan dan malas olahraga :(

Anggraeni Septi mengatakan...

Waduh susah nih ninggalin gorengan, hiks :( Tapi bener deh kalo minum air putih banyak, tubuh jadi lebih enakan, gak mudah loyo.

ummuarrahma@gmail.com mengatakan...

Minum putih yang banyak, makan teratur dengan menu seimbang, makan buah yang tinggi serat dan istirahat yang cukup itu wajib buat kita yang mau sehat. Apalagi kalau ditambah olahraga asli makin semangat hidup nih

Bunda Erysha (yenisovia.com) mengatakan...

Yang masih menjadi PR ku mba adalah menjaga pola makan ini. Ya ampunnn susah tapi terus berusaha apalagi aku penggemar mie rebus hiks

enasusanti mengatakan...

Makasih mbak sudah diingatkan, akan coba diperbaiki lagi, belum bisa lepas dari gorengan dan olah raga juga masih kirang deh sepertinya...

Denny Lumban Gaol mengatakan...

Saya sering lupa untuk minum air putih

Ayu Fitri Septina mengatakan...

ga bisa lepas dari gorengan ;(

Ratna mengatakan...

belum bisa lepas dari gorengan nih.... kalau minum air putih sudah rutin tapi belum pernah sampai 8 gelas.

Aliaarf.com mengatakan...

Duh masih doyan bangget sama gorengan :D

Unknown mengatakan...

Gorengan is the best deh... tapi emang perlu dikurangi yah mba..trims tips nya mba..

Hastin Pratiwi mengatakan...

Mantabbb tips sehatnya 😍

Nur Widyastuti mengatakan...

Poin yang msnghilangkan gorengan..aduh belum bisa nih..
Apalagi pas hangat2 ..uuihh mantap

Mamiprila mengatakan...

Iyess absolutely right!

Dian Novandra mengatakan...

Aduh gorengan kagak nahan hiksss masih suka ama yang inih

Hindun Uswatun Nisa mengatakan...

ah sama nih masih falling in love pada gorengan

estelita zainal mengatakan...

Hebat Mbak udah bisa jalanin hidup sehatnya. Saya baru bsnyak minum air putih sama nggak minum yang manis. Bsnyak jalan kaki juga. Belum sanggup ngilangin makan bakwan dan combro, hiks.....

Klintong-klintong mengatakan...

Keren...recomended banget artikelnya. Terimakasih,mbak...😊

Yuliani mengatakan...

Waduh, gorengan godaan banget, susah buat move on kaya'nya :(

Strategi dan Inovasi Pengembangan Bisnis Indscript Creative

    Apakah profesimu? Pebisnis atau penulis. Banyak yang beranggapan menulis hanya sebagai hobi atau pengisi waktu luang. Ternyata salah y...