Langsung ke konten utama

#Memesona dengan mengembangkan potensi diri

         




 Menurut kamu sebenernya memesona itu apa sich? pasti ada yang menjawab kalau memesona itu di lihat dari fisik yang menarik, paras yang cantik tubuh yang tinggi langsing, ber kulit putih, atau ada juga yang ber pendapat memesona itu kalau di lihat dari ke pintarannya, saat ber bicara begitu percaya diri, seakan tahu segala hal, update situasi berita terkini karena rajin membaca.
       Dulu saya ber pendapat kalau memesona itu memiliki paras cantik, menarik, tinggi, berkulit putih, tapi setelah kuliah punya lebih banyak teman, mengenal banyak orang pendapat saya berubah ternyata memesona itu terpancar dari hati, yang saya lihat dan rasakan banyak juga orang yang secara fisik penampilannya biasa saja tapi karena kebaikan hatinya, ke ramahannya, ke pintarannya, dia bisa jadi pribadi yang memesona.
         Memesona secara bahasa menurut kkbi: sangat menarik, perhatian, mengagumkan. Pesona: mantra, jampi-jampi. Jadi seseorang yang mempesona itu seseorang yang bisa menjadi perhatian, mwnarik bagi siapapun yang melihatnya dari segi fisik, kecantikan maupun kepribadiaannya, kekuatannya, ke pintarannya.
          Saya bersyukur di lahirkan menjadi seorang wanita karena wanita mempunyai sifat yang lembut, menyejukkan, multitasking, memiliki paras yang menawan, akan menjadi seorang ibu.  melahirkan, menyusui, membesarkan seorang anak yang akan menjadi harapan hidupnya mempunyai potensi kebaikan yang besar anugerah dari Allah SWT .Seorang Ibu yang berkarir bisa memgembangkan potensinya sesuai dengan ke ahlian yang di miliki, dengan mengikuti pelatihan yang ada di kantornya maupun pribadi, melanjutkan pendidikannya untuk meningkatkan pengetahuan dan karirnya tetapi tetap bisa membagi waktu dengan keluarga dengan baik .Ibu yang berumah tangga juga bisa mengembangkan potensinya dengan membuka bisnis di rumah, menjadi freelance contohnya prnulis, designer dan lainnya sesuai ke ahlian atau membuka tempat kursus/bimbingan belajar sambil mengurus anak dan suami dengan baik.
         Saya juga bersyukur di kelilingi orang yang mensupport saya saudara, keluarga, Ibu, teman-teman Saya yang memahami saya tipe orang yang kurang percaya diri karena merasa kurang cantik, semangat yang kadang naik kadang turun, moody tetapi mereka tidak pernah lelah menyemangati saya untuk terus mengembangkan potensi diri kadang mengkritik, kalau sedang malas atau melakukan kesalahan, mereka menanyai Saya apa minat saya yang bisa di kembangkan. Karena saya suka anak-anak saat selesai kuliah saya memutuskan untuk menjadi guru Taman kanak-kanak, ibu saya mendaftarkan ke PGTK disana banuak yang di ajarkan pelajaran yang ada di Taman kanak-kanak, media pengajaran, Bahasa Inggris dan lainnya. Karena Saya suka menulis saya juga belajar menulis mengikuti pelatihan menulis jurnalistik majalah kicau Bintaro majalah di Bintaro Jaya, juga ber gabung di komunitas ibu-ibu doyan nulis sebuah komunitas ibu-ibu yang di punyai Indari Mastuti dan mengikuti training yang ada di Indscript untuk mengasah kemampuan Saya menulis. Pengalaman yang Saya dapatkan saya tuliskan di blog dan saya juva mengasah kemampuan menulis dengan membaca melalui buku, browsing melalui website, koran, tabloid dan lainnya untuk memcari ide. Memcoba menulis di blog, media online seperti emakpintar.asia, nulis.co.id dan lainnya. Saat ada tulisan yang di muat saya merasa senang sekali karena tulisan saya di nilai bagus dan bermanfaat. Tapi saat tidak di muat Saya berusaha mencari apa penyebabnya dan beruaaah lebih baik dalam menulis. Tetap mengasah kemampuan menulis sambil mengurus rumah dan membantu mengurus keponakan Saya. Saling support antar teman satu komunitas sangat membantu unyuk mengembangkan kemampuan diri dengan minat yang sama tentunya mempunyai semangat juga untuk mengasah kemampuan menulis dan ber bisnis penulisan.
      Memesona itu juga ter pancar, ketika kita bisa mengembangkan potensi yang ada pada diri kita apalagi kalau ber buah prestasi dan menjadi sesuatu yang ber manfaat buat orang di sekitar kita. Potensi itu menurut beberapa ahli adalah kemampuan atau kekuatan yang ada pada diri seseorang untuk di wujudkan dan di kembangkan menjadi lebih baik dan menjadi seseorang yang bermanfaat bagi orang lain, longkunagn sekitarnya. Lalu bagaimana ya cara mengembangkan potensi diri sehingga kita bisa menjadi pribadi yang memesona? Inilah yang bisa kita lakukan:

  • Mengenali diri sendiri.
  •        Mulailah dengan mengenali diri sendiri, dengan bertanya dalam hati, Apa yang membuat kita bahagia? apa kekurangan dan kelebihan kita? Apa yang kita sukai? Jadikan sebagai pacuan untuk dapat mengetahui tujuan hidup, memotivasi diri untuk lebih baik, membuat suatu karya yang dapat bermanfaat dan menginspirasi orang lain.
  • Banyak membaca.
  •     Dengan banyak membaca maka kita bisa mengetahui banyak hal, baik dari surat kabar, buku, ataupun internet melalui website, kita juga bisa menambah ilmu pengetahuan. Dan tentunya menjadi lebih pintar. Kita dapat berbagi pengetahuan melalui tulisan, wawasan kita menjadi luas sehingga orang menyukai kita dan ingin belajar dari kita, kita di jadikan tempat bertanya seakan kita mengetahui segala hal.
Huffingtonpost.com
  • Kembangkan potensi kebaikan dalam diri
   Setiap orang pasti mempunyai sisi kebaikan yang bisa di berikan untuk orang di sekitarnya, dengan mengembangkan potensi kebaikan dalam diri seperti: keramahan, sifat peduli, ke ikhlasan dalam berbuat baik dan berbagi kebaikan juga dapat membuat pesona kita akan ter pancar.
Ep.upy.ac.id
  • Bertanya kepada orang yang terdekat.
  •    Misalnya:kakak-adik, saudara, orang tua ataupun teman kita sering di sadarkan potensi yang kita miliki karena orang-orang terdekatlah yang mengetahui semua yang ada pada diri kita.
  • Percaya diri
    Potensi kita dapat ber kembang karena kita mempunyai kepercayaan diri, keyakinan bahwa kita bisa mencapai apa yang kita inginkan, mempunyai tujuan hidup untuk menjadi lebih baik sebisa kita. Bukan berarti kita menjadi orang yang tinggi hati tapi kita tetap mau menerima kritik dari orang lain, tidak merendahkan orang lain.

Pixabay.com
  • Bertanya kepada ahlinya.
  •    Selain bertanya kepada orang terdekat tidak ada salahnya kita bertanya kepada orang yang ahli di bidang tertentu untuk memgetahui potensi diri kita seperti psikolog. Setelah mengetahui ke ahlian kita kita juga bisa belajar dari seseorang yang ahli di bidang teryentu contohnya jika kita ingin menjadi penulis kira bisa bertanya kepada pengajar kita agar kita lebih mengasah kemampuan menulis kita.
  •  Kembangkan potensi sesuai hobi kita.
      Kita dapat mengembangkan potensi kita sesuai kesukaan/hobi kita misalnya menulis, memasak dengan mengikuti peatihan, komunitas sesuai hobi, kita bisa memesona dengan keahlian yang kita miliki. Bukan mustahil kita akan di undang menjadi pembicara di berbagai seminar, banyak tawaran pekerjaan, menjadi pengajar ataupun membuka kursus sesuai dengan keahlian yang kita miliki.
kursusmemasakukm

Tandabaca.net    

     Dengan niat yang tulus ,tekad yang kuat, fikiran yang positif dan keyakinan kita dapat mengembangkan potensi diri akan membuat kita menjadi pribadi yang memesona. Pertanyaannya sudahkah saya melakukannya? Saya rasa belum sepenuhnya tapi sedang berupaya, mudah-mudahan saya bisa karena yakin Insya Allah.
Referensi:
Tipsnyoman.blogspot.co.id, tipscaramengembangkan potensi
https://personalitydevelopmentandetiquette.wordpress.com/2015/02/13/tujuh-cara-mengembangkan-potensi-diri/
www.hipwee.com/list/menjadi-wanita-yang-mempesona-siapa-yang-tidak-mau-tips-ini-bagus-buat-kepribadianmu/
https://pengertiandefinisi.com/pengertian-potensi-dan-jenis-jenisnya/
www.kajianpustaka.com/2013/10/potensi-diri.html?m=1

Komentar

Efi Fitriyyah mengatakan…
Memesona karena suka membaca itu asik. Suka ngobrol sama orang yang nyambung dan banyak ceritanya.
Dwi Arumantikawati mengatakan…
Senang berada di antara orang-orang seperti mba Rini.. Bisamemberikan semangat dan motivasi. :)
Evrinasp mengatakan…
semangat ya mbak, kembangkan potensinya selagi masih muda penuh semangat

Postingan populer dari blog ini

Dian Restu Agustina Inspirasiku Dalam Menulis

   Saat ini saya sedang dalam situasi genting,  ga ding lebay 😅. Tepatnya ditantang membuat tulisan tentang seorang penulis, pengusaha atau tokoh. Nggak harus terkenal sih, tapi menginspirasi. Saya langsung teringat dengan salah satu teman Facebook yang juga satu komunitas di Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) dan komunitas blogger, Dian Restu Agustina.    Mbak Dian adalah seorang Ibu Rumah Tangga, freelance writer dan lifestyle blogger. Mengapa memilihnya? Lantaran setiap baca tulisannya, saya merasa bersemangat dan selalu terinspirasi. Saat jenuh melanda, membaca tulisan Mbak Dian membuat saya termotivasi lagi😍.     Mbak Dian menulis tentang pengalaman sehari-hari menjadi seorang Ibu Rumah Tangga di blognya, www.dianrestuagustina.com. Ia juga menulis di beberapa media online seperti ummi-online.com, salah satunya: http://www.ummi-online.com/wahai-suami-hindari-kata-kata-ini-saat-bercanda-dengan-istri.html Dan di takaitu: http://takaitu.com/kamu-harus-tahu-ternyata-budaya-matr

Cara Menjadi Ibu yang Produktif di Rumah

(sumber:unsplash.com) Seorang Ibu  kadang merasa bosan saat berada di rumah, selalu ingin melakukan aktivitas yang bermanfaat. Di sela waktu mengurus rumah, suami dan anak. Dengan tugas yang ga ada habisnya, Ibu ingin produktif ,ya. Ada yang berbisnis online, freelancer, melakukan kegiatan yang disukai tetapi tetap bisa bermain dengan anak-anak. Lalu bagaimana ya caranya agar bisa tetap produktif di rumah?Inilah cara yang bisa Ibu lakukan dilansir dari berbagai sumber: 1. Buatlah perencanaan dan patuhilah. Dengan membuat perencanaan kita dapat menyelesaikan pekerjaan lebih baik ya, Bu. Karena sudah lebih tahu apa yang harus dilakukan hari itu. Bisa dengan membuat rencana harian, mingguan, atau bulanan. Dilakukan sebelum tidur malam, buat kegiatan yang biasa Ibu lakuin ya, berapa lama. Lalu dipatuhi. 2. Melakukan kegiatan sesuai hobi. Misalnya kalau Moms hobi merajut, masak, menulis dan lainnya. moms bisa lakukan disela waktu mengurus anak. Misalnya setelah anak berangkat se

Menikmati Pemandangan sambil Ngopi Di Ngopi di Kebon Bandung

Apa Emak suka ngopi? Atau ingin berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan di kebun, melihat pemandangan, bunga-bunga, menemani anak bermain, nikmatnya tiada tara ya. Saya juga sangat menikmati saat diajak ke ngopi di kebon Bandung suatu sore. Saat itu ada saudara yang tinggal di Bandung dan merekomendasikan tempat ini. Katanya bagus banget lho, makanannya enak-enak, Kita bisa lihat pemandangan, bukit, kebun dan bunga-bunga. Ternyata setelah Saya ke sana memang seru dan senang menikmati pemandangan di bukit yang tinggi. Melihat bunga-bunga, ada tempat bermainnya juga. Sewaktu  kesana memang udara sangat sejuk dan segar. Kita langsung pesan makanan. Sambil menunggu pesanan datang, Kita asyik melihat pemandangan yang menyegarkan mata. Melihat pemandangan Bandung Selatan, juga menemani keponakan main. Www.wisatabandung.com    Biasanya yang datang ke sana sekedar santai atau reuni atau arisan bisa juga buat yang foto pre-wedding atau resepsi nikahan. Indah banget pemandangannya. A