Langsung ke konten utama

Sehat dengan gorengan


 Siapa yang tidak suka gorengan? Mulai dari anak-anak, orang dewasa sampai manula. Dimanapun pasti kita bisa menemukan gorengan ada banyak jenis dan macam gorengan:lumpia, bakwan, tempe goreng, tahu goreng, combro dan masih banyak yang lainnya.
      Gorengan biasanya tidak sehat karena di olah dengan minyak dan berulang-ulang, apalagi kalau beli kadang ada yang di olah dengan plastik supaya renyah tentunya tidak baik untuk kesehatan. Meskipun di olah dirumah tetap saja beresiko karena minyak mengandung lemak jenuh, anak mudah terserang panas dalam dan batuk.         Tetapi jika ingin mengkonsumsi gorengan ada caranya supaya tetap sehat menurut seorang chef Nanda:
  • Mulai dari pemilihan minyak sebaiknya pilih minyak yang ber kualitas baik dan lihat teksturnya. Seperti minyak sayur baik untuk kesehatan karena tidak mudah terbakar saat menggoreng dan rendah lemak karena mengandung air. Bisa juga menggunakan minyak kedelai.
  •  Cara menggoreng juga perlu di perhatikan sebaiknya menggoreng dengan suhu yang kecil terlebih dahulu, setelah mulai naik suhunya bahan di goreng setengah matang baru api di besarkan.
  • Dibolak-balik supaya tidak menjadi gosong setelah itu angkat saring dan alasi tisu makan di piring supaya minyak terserap dengan baik.
  • Sebaiknya minyak di gunakan tidak berkali-kali maksimal 2-3 kali pemakaian karena mengalami proses karsinogenik yang bisa mengakibatkan penggumpalan dalam tubuh.
      Dengan cara di atas menggoreng lebih sehat, Selamat mencoba.
Sumber:
Dok.pribadi 
Meski Tahu saat di dapur, Republika, Minggu 5 Februari 2017.



Komentar

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan…
Wah .. saya belum mempraktekan yang nomer 2. Biasanya menunggu minyak panas dengan api yang besar. Ternyata salah, ya.. :)
Amerinnytrirezeki.com mengatakan…
Kalo langsung besar api nya luarnya udah matang tapi dalemnya belum cepet gosong lagi mba😊
Diah Dwi Arti mengatakan…
ini dimuat di Republika ya, mbak? keren...

tips yang berguna banget ini, soalnya kita karab sekali dengan gorengan.
tuty saca mengatakan…
Orang indo bgt ga bisa lepas dari goreng2an. Alhamdulillah udah dari du semua tipsnya dilakukan, walau awalnya kata suami agak ribet gpp yg pntg untuk kesehatan lha ya

Postingan populer dari blog ini

Dian Restu Agustina Inspirasiku Dalam Menulis

   Saat ini saya sedang dalam situasi genting,  ga ding lebay 😅. Tepatnya ditantang membuat tulisan tentang seorang penulis, pengusaha atau tokoh. Nggak harus terkenal sih, tapi menginspirasi. Saya langsung teringat dengan salah satu teman Facebook yang juga satu komunitas di Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) dan komunitas blogger, Dian Restu Agustina.    Mbak Dian adalah seorang Ibu Rumah Tangga, freelance writer dan lifestyle blogger. Mengapa memilihnya? Lantaran setiap baca tulisannya, saya merasa bersemangat dan selalu terinspirasi. Saat jenuh melanda, membaca tulisan Mbak Dian membuat saya termotivasi lagi😍.     Mbak Dian menulis tentang pengalaman sehari-hari menjadi seorang Ibu Rumah Tangga di blognya, www.dianrestuagustina.com. Ia juga menulis di beberapa media online seperti ummi-online.com, salah satunya: http://www.ummi-online.com/wahai-suami-hindari-kata-kata-ini-saat-bercanda-dengan-istri.html Dan di takaitu: http://takaitu.com/kamu-harus-tahu-ternyata-budaya-matr

Cara Menjadi Ibu yang Produktif di Rumah

(sumber:unsplash.com) Seorang Ibu  kadang merasa bosan saat berada di rumah, selalu ingin melakukan aktivitas yang bermanfaat. Di sela waktu mengurus rumah, suami dan anak. Dengan tugas yang ga ada habisnya, Ibu ingin produktif ,ya. Ada yang berbisnis online, freelancer, melakukan kegiatan yang disukai tetapi tetap bisa bermain dengan anak-anak. Lalu bagaimana ya caranya agar bisa tetap produktif di rumah?Inilah cara yang bisa Ibu lakukan dilansir dari berbagai sumber: 1. Buatlah perencanaan dan patuhilah. Dengan membuat perencanaan kita dapat menyelesaikan pekerjaan lebih baik ya, Bu. Karena sudah lebih tahu apa yang harus dilakukan hari itu. Bisa dengan membuat rencana harian, mingguan, atau bulanan. Dilakukan sebelum tidur malam, buat kegiatan yang biasa Ibu lakuin ya, berapa lama. Lalu dipatuhi. 2. Melakukan kegiatan sesuai hobi. Misalnya kalau Moms hobi merajut, masak, menulis dan lainnya. moms bisa lakukan disela waktu mengurus anak. Misalnya setelah anak berangkat se

Menikmati Pemandangan sambil Ngopi Di Ngopi di Kebon Bandung

Apa Emak suka ngopi? Atau ingin berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan di kebun, melihat pemandangan, bunga-bunga, menemani anak bermain, nikmatnya tiada tara ya. Saya juga sangat menikmati saat diajak ke ngopi di kebon Bandung suatu sore. Saat itu ada saudara yang tinggal di Bandung dan merekomendasikan tempat ini. Katanya bagus banget lho, makanannya enak-enak, Kita bisa lihat pemandangan, bukit, kebun dan bunga-bunga. Ternyata setelah Saya ke sana memang seru dan senang menikmati pemandangan di bukit yang tinggi. Melihat bunga-bunga, ada tempat bermainnya juga. Sewaktu  kesana memang udara sangat sejuk dan segar. Kita langsung pesan makanan. Sambil menunggu pesanan datang, Kita asyik melihat pemandangan yang menyegarkan mata. Melihat pemandangan Bandung Selatan, juga menemani keponakan main. Www.wisatabandung.com    Biasanya yang datang ke sana sekedar santai atau reuni atau arisan bisa juga buat yang foto pre-wedding atau resepsi nikahan. Indah banget pemandangannya. A