Langsung ke konten utama

Kreatifitas Seorang Design Grafis Bandung Andre Liongson

 


      Di masa pandemi banyak bisnis down. Saat ini para pengusaha Bandung akan berbagi inspirasi tentang bagaimana membangun bisnis. Alwin membangun klinik di medium class. Cantik ala Korea. Ada yang bergelut di bidang designer, perbankan.

        Saya diundang zoom sarapan IIDB tentang pengusaha Bandung yang menginspirasi tanggal 9 mei 2022. 


Designer grafis adalah salah satu perusahaan di bidang jasa yang menciptakan suatu pesan melalui visual, gambar, fotografi, typografi serta ilustrasi. Mempresentasikan gagasan, ide, teks.

     Designer grafis perusahaan ( logo, merek, design editorial ( majalah, surat kabar, buku, design lingkungan, periklanan, design web ( design komunikasi dan design produk.

    Design grafis adalah seorang komunikator visual yang menciptakan media melalui visual secarda manual ataupun menggunakan komputer.

      Andre Liongson design membuka jasa design yaitu  KYUB studio. Mulai dari mencari ide design. Pengerjaan visual, produksi, animasi. Lebih banyak tentang branding untuk perusahaan. Membuat logo, kap sirat untuk branding. Ada yang ilustrasi dan animasi disatukan.

       Lulus sekolah bisnis dan design dan percetakan. Design komunikasi visual. Merasa sangat tersanjung bahwa karya design bisa dicetak dan dinikmati audience. Membesarkan KYUB creative Studio setelah bertemu dengan Ferdi dan Glen. Mereka bekerjasama, berpartner karena kesamaan ide. Menjadi jembatan designer dan bagian produsen. Dapat menuangkan ide kreatif sesuai dengan ciri khas karya kami.

       Percetakan banyak yang tidak bisa diproduksi. Misalnya ilustrasi, animasi. Memulai usaha tahun 2015 . Bekerjasama dengan 2 orang partner. Sebagai ilustrator dan animator. KYUB berarti box.

      Salah satu contoh design food and beverange satu paket design restorant, café dan lainnya.

Ilustrasi adalah menu utama untuk branding.

      Membuat design buku tentang hipnotherapy. Mempelajari software. Adobe memberikan beberapa software untuk kebutuhan design.

Adobe illustration software untuk pembuatan design gambar,ilustrasi, victor.

Adobe Photoshop untuk photo, gambar ada pensil untuk menggambar secara langsung.

1.      Kebutuhan klien. Kita akan mencari yang terbaik menurut kita. Diskusi, break down apa yang klien inginkan. Di mata designer bagus, di mata konsumen juga bagus. Contoh toko kopi Jawa. Di bulan ramadan. Dengan kondisi yamg naik dan turun. Tentang ramadan tetap merasakan kehangatan. Botol kemasan 300 ml . Bagaimana pembeli dapat berbagi, dikirimkan kepada orang-orang tersayang atau disumbangkan ke yayasan.

2.      Mind mapping. Apa yang diinginkan, kita kembangkan dalam sebuah mind mapping

Topik utama. Contoh lebaran

Sub ide : kopi jawa dahulu toko buku

Toko buku ada majalah, koran, membaca.

Lebaran : sungkeman,kumpul-kumpul keluarga, ketupat, opor. Braga Bandung, Bali.

Target : anak muda, keluarga.

Ilustrasi : anak, krayon, lucu, gambar anak, serius, komik, Indonesia.

Toko buku : lokasi, membaca.

Lokasi : Bandung, Bali, Imdonesia, Sunda.

 

     Kita kerucutkan lagi menjadi keluarga, puasa, kumpul-kumpul.

 

3.      Mood Board: kumpulan ide yang kita satukan.

Pinterest langsung di download sesuai kebutuhan konsep awal membuat Ide. Menjadi inspiratif dalam pembuatan design. Agar fokus pada satu ide design. Jadi harus disesuaikan dengan konsep design yang dibuat.

Judul

Masukan gambar

 

Konsep design

Jadul : tentang keluarga, kehangatan, makanan, kebersamaan.

Setelah memilihkan gambar lalu kita rapihkan, disatukan. Waktu kita kecil. Dahulu iklan melalui gambar.

  Fungsi gambar

Kalimat : jadul ( menggunakan pelafalan zaman dulu, kalimat berima, pantun) ubah ke sebuah gambar.

    Terinspirasi dari 3 manajer tempat beliau bekerja dahulu sebagai designer. Banyak belajar bahwa usia tidak jadi kendala untuk belajar, bekerja, mendesign,membuat ilustrasi dan bisnis. Yang terpenting sangat menyukai apa yang mereka kerjakan. Dalam proses pembuatan design sesuai dengan aturan mengenai design, warna, bisnis. Sehingga maksimal dalam proses pengerjaannya.

     Ide, design dan produksi dalam satu atap sebagai slogan. Bahwa dalam mengerjakan design harus sesuai dengan selera klien atau calon pembeli. Target market. Sesuai kebutuhan. Berguna, tersampaikan dengan baik. Tidak hanya sekedar bagus. Biasanya beliau bekerja di studio pukul 08:00 am sampai 21:00 am setelah sarapan pada pukul 06:00 am.

     Dalam mengelola jasa design harus mempersiapkan skill dibidang design yaitu : taste, penguasaan aplikasi software.

     Komunikasi dengan klien. Penyesuaian ide, visi dan misi, tujuan yang ingin dicapai klien.

     Portfolio design. Contoh karya di media sosial seperti facebook, instagram dan lainnya.

https://www.instagram.com/kyubstudio/

 

https://www.instagram.com/kyubdesign/

    Designer grafis harus kreatif menciptakan ide yang orisinal, inovatif dan sesuai dengan kebutuhan klien.

Komentar

Mis Juli mengatakan…
Keren bisa dapet ilmu langsung dari anal muda yang keren mbak, sekarang memang syarat mutlak eksis di dunia design
Ulfah Wahyu mengatakan…
Wah senangnya bisa belajar langsung dari ahlinya. Bisa langsung praktek juga ya mbak.
Hani mengatakan…
Kagum ya dengan Andre Liongson, masih muda tapi prestasinya sudah banyak. Aku juga ikut webinarnya tuh Mbak. Jadi makin tahu proses desain seperti apa.
April Fatmasari mengatakan…
Mendesain tidak sekedar bagus, tapi berguna dan pesan tersampaikan dengan baik. Ini kuncinya ya, Mbak. Seru pasti bahas kalo ikutan zoomnya langsung, jadi banyak belajar juga untuk desain sederhana konten blog

Postingan populer dari blog ini

Dian Restu Agustina Inspirasiku Dalam Menulis

   Saat ini saya sedang dalam situasi genting,  ga ding lebay 😅. Tepatnya ditantang membuat tulisan tentang seorang penulis, pengusaha atau tokoh. Nggak harus terkenal sih, tapi menginspirasi. Saya langsung teringat dengan salah satu teman Facebook yang juga satu komunitas di Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) dan komunitas blogger, Dian Restu Agustina.    Mbak Dian adalah seorang Ibu Rumah Tangga, freelance writer dan lifestyle blogger. Mengapa memilihnya? Lantaran setiap baca tulisannya, saya merasa bersemangat dan selalu terinspirasi. Saat jenuh melanda, membaca tulisan Mbak Dian membuat saya termotivasi lagi😍.     Mbak Dian menulis tentang pengalaman sehari-hari menjadi seorang Ibu Rumah Tangga di blognya, www.dianrestuagustina.com. Ia juga menulis di beberapa media online seperti ummi-online.com, salah satunya: http://www.ummi-online.com/wahai-suami-hindari-kata-kata-ini-saat-bercanda-dengan-istri.html Dan di takaitu: http://takaitu.com/kamu-harus-tahu-ternyata-budaya-matr

Cara Menjadi Ibu yang Produktif di Rumah

(sumber:unsplash.com) Seorang Ibu  kadang merasa bosan saat berada di rumah, selalu ingin melakukan aktivitas yang bermanfaat. Di sela waktu mengurus rumah, suami dan anak. Dengan tugas yang ga ada habisnya, Ibu ingin produktif ,ya. Ada yang berbisnis online, freelancer, melakukan kegiatan yang disukai tetapi tetap bisa bermain dengan anak-anak. Lalu bagaimana ya caranya agar bisa tetap produktif di rumah?Inilah cara yang bisa Ibu lakukan dilansir dari berbagai sumber: 1. Buatlah perencanaan dan patuhilah. Dengan membuat perencanaan kita dapat menyelesaikan pekerjaan lebih baik ya, Bu. Karena sudah lebih tahu apa yang harus dilakukan hari itu. Bisa dengan membuat rencana harian, mingguan, atau bulanan. Dilakukan sebelum tidur malam, buat kegiatan yang biasa Ibu lakuin ya, berapa lama. Lalu dipatuhi. 2. Melakukan kegiatan sesuai hobi. Misalnya kalau Moms hobi merajut, masak, menulis dan lainnya. moms bisa lakukan disela waktu mengurus anak. Misalnya setelah anak berangkat se

Menikmati Pemandangan sambil Ngopi Di Ngopi di Kebon Bandung

Apa Emak suka ngopi? Atau ingin berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan di kebun, melihat pemandangan, bunga-bunga, menemani anak bermain, nikmatnya tiada tara ya. Saya juga sangat menikmati saat diajak ke ngopi di kebon Bandung suatu sore. Saat itu ada saudara yang tinggal di Bandung dan merekomendasikan tempat ini. Katanya bagus banget lho, makanannya enak-enak, Kita bisa lihat pemandangan, bukit, kebun dan bunga-bunga. Ternyata setelah Saya ke sana memang seru dan senang menikmati pemandangan di bukit yang tinggi. Melihat bunga-bunga, ada tempat bermainnya juga. Sewaktu  kesana memang udara sangat sejuk dan segar. Kita langsung pesan makanan. Sambil menunggu pesanan datang, Kita asyik melihat pemandangan yang menyegarkan mata. Melihat pemandangan Bandung Selatan, juga menemani keponakan main. Www.wisatabandung.com    Biasanya yang datang ke sana sekedar santai atau reuni atau arisan bisa juga buat yang foto pre-wedding atau resepsi nikahan. Indah banget pemandangannya. A