Sabtu, 23 Oktober 2021

Cara Menjaga Kesehatan dengan Self-care

 



   Selfcare isn’t selfish” merawat diri penting menjaga kesehatan mental. Banyak orang yang selalu mementingkan pekerjaan, mengurus anak, keluarga, orang tua.

    Mengurus orangtua, kadang sesekali diajak jalan-jalan atau pergi ke suatu tempat misalnya toko buku atau café.

     Waktu corona belum merajalela kadang saya pergi ke rumah teman atau ngafe atau ke toko buku atau ke perpustakaan. Bisa betah berjam-jam kalau tidak inget waktu. Baca buku atau lihat video pembelajaran di british council. Ke salon, creambath, potong rambut, manicure, pedicure, luluran. Ke klinik kecantikan facial.

Jalan-jalan self-care


    Kalau sekarang cukup nonton youtube sambil delivery atau ngemil cantiik. Ngutak-ngatik bikin design. Ngeblog.

    Pergi ke café yang ada pemandangan view yang kereen. Dengan protokol kesehatan. Facial di rumah, skin care-an. Menyenangkan diri. Kadang kalau capai ya pijit, ada yang suka saya panggil ke rumah. Tidur tuh juga paling pas. Bangun badan seger dan siap produktif.

    Mengurus diri sendiri atau self care itu ternyata penting ya, dears. Menjaga kesehatan mental. Karena kalau bahagia, mental sehat, fisik kuat. Bisa melakukan apapun dengan kondisi prima.

     Apa pengertian self care itu? Menurut Helen L Coons, psikolog kesehatan klinis spesialisasi dalam, kesehatan perilaku dan kesejahteraan diri fakultas kedokteran psikiatri di Aurora Colorado,  Self care adalah menjaga diri, mensejahterakan diri secara fisik dan mental. Spiritual perlu mendapatkan perhatian.

    Jenis-jenis self care, yaitu:

·        Physical self care, yaitu: menjaga kesehatan fisik, mengatur pola makan, olah raga, minum suplemen,vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

·        Emotional self care, yaitu: mengelola perasaan, mengatasi kecemasan, stres

·        Personal self care, yaitu: memgenal diri, kelebihan, kekurangan diri, kepribadian, belajar, organize ( perencanaan).

·        Spiritual selfcare, yaitu: mempelajari ilmu agama, kitab agama, ibadah.

·        Finance self care, yaitu : mengelola keuangan, menabung, budgeting liburan, pendidikan, umroh,haji dan lainnya.

Manfaatnya banyak diri lebih merasa bahagia, semangat, menjalani hari.

·        Intelegence self-care: Belajar hal-hal baru. Resep baru, design, gambar dan lainnya.

·        Social self-care:

   Bagaimana self care itu? Inilah langkah-langkahnya:

·        Menjaga kesehatan. Rajin berolahraga, pola makan, banyak makan sayur, buah, susu, minum vitamin. Kalau kelelahan istirahat sejenak.

·        Menuntut ilmu. Tentang agama, parenting, pengembangan diri dan lainnya.

·        Lakukan hobi. Masak, menjahit, menulis dan lainnya.

·        Merawat diri. Skincare-an, creambath, luluran.

·        Kelola emosi lebih baik. Meditasi, membaca buku, terapi jika diperlukan konsultasi psikolog atau psikiater.

   Wujud dari rasa syukur diberi kesehatan, rezeki. Chyntia Catching, talkspace dalam bustle, dalam kehidupan perlu mengembangkan diri.

Referensi:

Beautynesia.com/ 6 tipe self-care yang bisa dilakukan selama PPKM

Hellosehat.com/ 7 langkah self-care untuk bahagia

 

Tidak ada komentar:

Cara Menjaga Kesehatan dengan Self-care

     Selfcare isn’t selfish” merawat diri penting menjaga kesehatan mental. Banyak orang yang selalu mementingkan pekerjaan, mengurus anak...