Jumat, 05 Februari 2021

Masakan Sunda yang Khas dan Unik



Indonesia banyak mempunyai kuliner tradisional yang menjadi tujuan wisata. Menjadi daya tarik wisatawan.

       Masakan khas sunda yang menyajikan hidangan yang menggunakan secara tradisional. Ada pula yang masih dibakar dengan arang. Cara makannya memakai tangan lebih nikmaaat. Jangan lupa cuci tangan.

       Makanan orang sunda biasanya bercita rasa manis, gurih dan pedas. Sayur mentah, dengan sambal terasi sebagai penyerta.

       Bahan-bahan segar, biasanya berupa ayam goreng, ayam bakar, aneka sambal biasanya sambal kacang atau sambal terasi.

       Rumah makan sunda banyak tempat pasti selalu ada. Mulai dari yang warung sampai restoran. Bedanya dengan masakan padang yang lebih bercita rasa gurih banyak menggunakan santan.

       Walaupun saya berasal dari Jawa dan sunda. Tapi, lebih sering makan masakan sunda.

         Nasi juga diolah dengan berbagai macam masakan mulai dari nasi timbel, nasi tutug oncom, nasi liwet. Ada pula sayur yang populer di sunda yaitu sayur asem berupa sayur dengan bumbu asam Jawa, jagung, labu siam, kacang tanah, kacang panjang, kol. Juga ada gado-gado, lotek, karedok dan lainnya.

        Bahan ikan nila, ikan mas, ikan lele, gurame biasanya dihidangkan dengan cara di goreng, dibakar, bisa juga di pepes. Orang sunda juga menyukai ikan asin dari laut yaitu ikan yang di fermentasi, di asinkan seperti: bulu ayam, tericumi-cumijambal, ikan peda asin, dan ikan pari asin sangat nikmat dimakan menggunakan sambal.

      Ayam juga sama biasanya digoreng, atau dibakar bisa juga dipanggang. Ayam bakakak namanya.

      Adapula daging merah yang diolah menjadi empal, dibumbui dengan gula merah, bawang merah,bawang putih, santan yang ditaburi denga  baaa g goreng. Diolah menjadi soto Bandung dengan lobak, mie kocok kuah bening dengan kikil sapi dan lain ya. Juga bisa dibumbu kecap menjadi semur.

      Di sunda juga menggemari petai dan jengkol yang diolah juga menjadi semur bisa juga buat balado atau digoreng. Oncom beruoa makanan yang di feementasi dari kacang tanah atau tempe. Olahan temoe dan tahu bisa juga dibuat pepes, tempe bacem, oseng, tempe orek dan lainnya.

 

        Rumah makan sunda biasanya ada yang lesehan dan ada pula yang duduk dibangku. Juga ada yang mengambil sendiro-sendiri lauknya yaitu prasmanan.

       Olahan makanan tradisional yang khas dan unik.

·       Nasi tutug oncom

         Di restoran sunda biasanya suka ada makanan ini. Yaitu terbuat dari nasi yang dimasak menggunakan oncom dan bawang putih. Tutug itu artinya tumbug memakai ulekan lalu ditumis sebentar menggunakan minyak. Ada lauk pendamping. Seperti ayam goreng tempe dan tahu

·       Nasi timbel

        Nasi khas yang sibungkus dengan daun pisang sehingga bwraroma segar khas, dibuat menjadi bentuk lontong. Pendampingnya sama dengan nasi tutug. Tapi, bisa juga diganti dengan daging empal atau gepuk.

·       Nasi kencur.

          Biasanya di sajikan bersama lauk pauk. Bercita rasa segar , pedas.

·       Ikan goreng gurame terbang

            Di setiap restoran sunda pasti menyajikannya. Yaitu ikan yang dibumbui lalu dibentuk menjadi seperti sayap.

·       Hayam bakakak atau ayam panggang

       Ayam panggang yang tidak di potong. Dibumbui lalu dipanggang.

·       Karedok

         Makanan yang berbahan dasar sayur mentah seperti toge, kol, kacang panjang, kemudian dibumbui menggunakan bumbu kacang yang dicampur dengan kencur, kemangi. Rasanya segar, manis, pedas

·       Lotek

        Sayuran rebus dicamour dengan bumbu kacang.

·       Gado-gado

          Bedanya dengan gado-gado di Jakarta adalah bumbunya disiram, biasanya lebih cair teksturnya. Memakai kacang mede bisa juga kacang tanah

 

·       Ketupat tahu


        Ketupat dicampur tahu dan bumbu yang khas.

·       Aneka pepes.



         Ada pepes ikan, tahu, jamur, ayam dan lainnya. Biasanya dibumbui menggunakan sereh, bawang merah, bawang putuh, daun salam, daun jeruk tomat, cabe  kemangi. Bedanya kalau tahu ditumbuk dahulu. Dikukus setelah dibungkus dengan daun pisang.

 

·       Aneka sambal.


       Sambal di Sunda Jawa Barat memang mengguggah selera. Tidak lepas dari rempah-rempah, lalapan. Sayur dan oncom bisa dijafikan sambal. Seperti sambal terasi, sambal leunca, sambal oncom, sambal tempe dan lainnya.

             Itulah makanan sunda selalu bikin kangen kampung halaman. Dari makanannya, suasana rumah makan, penyajiannya. Kalau ke daerah Jawa Barat dan sekitarnya jangan lupa mampir ke rumah makannya ya, pasti akan disambut hangat. Tetap ikuti protokol kesehatan.

             Tulisan ini diikutsertakan dalam 30 Days Writing Challege bersama Sahabat Hosting

 

Tidak ada komentar:

Pemberdayaan Kaum Perempuan di Era Digital

  Perempuan saat ini sangat berperan di era digital. Dalam forum Raden Ajeng Kartini. Dilansir berita antaranews.com perempuan harus berin...