Langsung ke konten utama

Kiat Mengelola Keuangan Freelancer

 



Mengelola keuangan sejak dini harus dibiasakan. Terutama anak umur 5 tahun. Mulai dari diri sendiri. Mengatur keuangan tidak mudah. Karena boros belanja melupakan kebiasaan menabung.

     Sebagai seorang wanita juga freelancer. Mempunyai perencanaan keuangan. Belajar di event, seminar dan ada juga kelas keuangan. Penghasilan setiap bulan tidak menentu tetapi pengeluaran setiap bulan ada, harus mempersiapkan.

     Secara umum literasi berasal dari bahasa latin yaitu “ literatus” yaitu belajar membaca dan menulis. Literasi adalah kemampuan seseorang untuk belajar yang dikaitkan dengan membaca dan menulis.

       Saat ini literasi menjadi diperluas pengertiannya. Tidak hanya dikaitkan dengan membaca dan menulis saja.

       Menurut beberapa ahli, yaitu:

Elizabeth Sulby literasi adalah kemampuan seseorang untuk  membaca, menulis, berkomunikasi.

        Harvey J Graf pada tahun 2006 berpendapat bahwa literasi adalah membaca dan menulis yang dimiliki seseorang.

         Jack Goody literasi adalah kemampuan dalam membaca dan menulis.

  Belajar literasi akan dapat menambah pemahaman, menambah pengetahuan, mempunyai kemampuan dalam memahami bahasa, menambah kosa kata.

       Manfaat literasi keuangan adalah

·       Meningkatkan keterampilan, keahlian mengelola keuangan.

·       Meningkatkan pengetahuan mengenai keuangan.

 

        Menurut kamus online webstwr literasi adalah kemampuan seseorang dalam memahami aksara membaca dan menulis.

      Literasi keuangan yaitu pengetahuan tentang keuangan. Untuk kesejahteraan hari tua. Juga disaat pandemi seperti sekarang ini.

      Literasi keuangan belajar bagaimana mengatur keuangan, mengelola keuangan pribadi, keluarga, menyangkut penghasilan dari pekerjaan, investasi, proyek dan lainnya.

          Menurut sribulancer dan angka pekerja freelancer adalah 50% meningkat dari tahun ke tahun. Di masa pandemi seperti sekarang. Menyukai pekerjaan secara online atau work from home. Freelance memungkinkan seseorang berkembang karena mengekaplore kemampuan diri.

       Kadang ada saatnya keuangan tidak stabil. Karena tidak setiap bulan mendapatkan proyek. Bisa juga dalam beberapa bulan tidak mendapatkan proyek. Tetapi, harus terus berkarya.

Pengeluaran tetap setiap bulan, seperti belanja rumah tangga, listrik, pulsa, kuota dan lainnya.

        Menurut perencana keuangan Prita Ghozie harus menyiapkan dana darurat  10 kali anggaran. Tabungan harus dipisahkan rekening, untuk lifestyle, untuk dana darurat, kebutuhan sehari-hari.

          

           Agar keuangan stabil harus diatur sedemikian rupa agar tetap sejahtera.

·       Budgeting.

Harus ada budget. Misalnya untuk training online, sekolah menulis, buku, alat kerja, seperti laptop, komputer, balpoint, dan lainnya. Yang dapat menunjang untuk freelancer.

·       Pengaturan kebutuhan bulanan

 

Setiap pemasukan dan pengeluaran dicatat setiap bulan. Untuk membayar listrik, keamanan, gas,  kuota, kebutuhan belanja harian, bulanan dan lainnya.

·       Menabung

Menabung untuk dana darurat, merencanakan masa depan, biaya menikah, naik haji, umroh dan lainnya.

·       Rekening terpisah.

           Rekening khusus pribadi dan bisnis. Khusus untuk tabungan naik haji, umroh dan liburan atau lifestyle. Bisnis untuk penghasilan dan menghitung pengeluaran sebagai freelancer. Sedekah dan lainnya.

·       Pencatatan.

         Setiap bulan harus dicatat dan dievaluasi mana pengeluaran yang harus ditekan, dikurangi.

·       Tabungan rencana.

        Miliki rekening khusus untuk biaya tidak terduga seperti dana darurat, untuk kesehatan, rencana masa depan dan proteksi.

·       Investasi.

         Investasi dengan usaha yang menjanjikan. Bisa berinvestasi di usaha yang tengah berkembang saat ini. Bisa browsing misalnya makanan, skin care, dan lainnya.

·       Kembangkan hobi.

        Saat pandemi banyak peluang penghasilan dari hobi. Misalnya menanam, merajut, menggambar dan lainnya.

·       Mengatur penghasilan.

Ingin target penghasilan setiap bulan. Bisa mencari pekerjaan mellui sribulancer, promo media sosial atau linkend.

Harus di catat. Insyaa Allah akan diatur dengan sebaik-baiknya. Semoga bermanfaat.

Sumber:

Simeva.com


 

 

 

 

 

      

       

 

     

   

 

 

 

 

 

       

 

 

 

 

           

     

 

      

             Tulisan ini diikutsertakan dalam 30 Days Writing Challege bersama Sahabat Hosting

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dian Restu Agustina Inspirasiku Dalam Menulis

   Saat ini saya sedang dalam situasi genting,  ga ding lebay 😅. Tepatnya ditantang membuat tulisan tentang seorang penulis, pengusaha atau tokoh. Nggak harus terkenal sih, tapi menginspirasi. Saya langsung teringat dengan salah satu teman Facebook yang juga satu komunitas di Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) dan komunitas blogger, Dian Restu Agustina.    Mbak Dian adalah seorang Ibu Rumah Tangga, freelance writer dan lifestyle blogger. Mengapa memilihnya? Lantaran setiap baca tulisannya, saya merasa bersemangat dan selalu terinspirasi. Saat jenuh melanda, membaca tulisan Mbak Dian membuat saya termotivasi lagi😍.     Mbak Dian menulis tentang pengalaman sehari-hari menjadi seorang Ibu Rumah Tangga di blognya, www.dianrestuagustina.com. Ia juga menulis di beberapa media online seperti ummi-online.com, salah satunya: http://www.ummi-online.com/wahai-suami-hindari-kata-kata-ini-saat-bercanda-dengan-istri.html Dan di takaitu: http://takaitu.com/kamu-harus-tahu-ternyata-budaya-matr

Cara Menjadi Ibu yang Produktif di Rumah

(sumber:unsplash.com) Seorang Ibu  kadang merasa bosan saat berada di rumah, selalu ingin melakukan aktivitas yang bermanfaat. Di sela waktu mengurus rumah, suami dan anak. Dengan tugas yang ga ada habisnya, Ibu ingin produktif ,ya. Ada yang berbisnis online, freelancer, melakukan kegiatan yang disukai tetapi tetap bisa bermain dengan anak-anak. Lalu bagaimana ya caranya agar bisa tetap produktif di rumah?Inilah cara yang bisa Ibu lakukan dilansir dari berbagai sumber: 1. Buatlah perencanaan dan patuhilah. Dengan membuat perencanaan kita dapat menyelesaikan pekerjaan lebih baik ya, Bu. Karena sudah lebih tahu apa yang harus dilakukan hari itu. Bisa dengan membuat rencana harian, mingguan, atau bulanan. Dilakukan sebelum tidur malam, buat kegiatan yang biasa Ibu lakuin ya, berapa lama. Lalu dipatuhi. 2. Melakukan kegiatan sesuai hobi. Misalnya kalau Moms hobi merajut, masak, menulis dan lainnya. moms bisa lakukan disela waktu mengurus anak. Misalnya setelah anak berangkat se

Menikmati Pemandangan sambil Ngopi Di Ngopi di Kebon Bandung

Apa Emak suka ngopi? Atau ingin berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan di kebun, melihat pemandangan, bunga-bunga, menemani anak bermain, nikmatnya tiada tara ya. Saya juga sangat menikmati saat diajak ke ngopi di kebon Bandung suatu sore. Saat itu ada saudara yang tinggal di Bandung dan merekomendasikan tempat ini. Katanya bagus banget lho, makanannya enak-enak, Kita bisa lihat pemandangan, bukit, kebun dan bunga-bunga. Ternyata setelah Saya ke sana memang seru dan senang menikmati pemandangan di bukit yang tinggi. Melihat bunga-bunga, ada tempat bermainnya juga. Sewaktu  kesana memang udara sangat sejuk dan segar. Kita langsung pesan makanan. Sambil menunggu pesanan datang, Kita asyik melihat pemandangan yang menyegarkan mata. Melihat pemandangan Bandung Selatan, juga menemani keponakan main. Www.wisatabandung.com    Biasanya yang datang ke sana sekedar santai atau reuni atau arisan bisa juga buat yang foto pre-wedding atau resepsi nikahan. Indah banget pemandangannya. A