Minggu, 31 Januari 2021

Kiat Meningkatkan Branding Diri Freelancer

 



 


Apa yang terlintas dipikiranmu tentang Dewa Eka Prayoga? Atau Merry Riana. Mereka adalah motivator juga pebisnis. Nah, semua orang tahu tentang mereka karena sudah kuat brandingnya.

Personal branding adalah ketika kita memasarkan diri atau usaha menjadi sebuah merek. Kita harus memikirkan bagaimana pribadi kita dikenal publik, juga produk. Sehingga menimbulkan kepercayaan publik.

          Sebagai seorang freelancer, entrepreneur, juga blogger. Mempromosikan karya-karyanya. Testimoni dari klien. Memperlihatkan kemampuan, skill yang dimiliki. Bisa melalui media sosial, website dan lainnya.

        Freelance adalah suatu pekerjaan lepas yang dibayar berdasarkan proyek yang dikerjakan. Semakin banyak proyek yang dijalankan maka semakin banyak pula yang didapat.

      Freelance itu bisa bidang penulisan, content creator, blogger, marketer, reseller, design, arsitek dan lainnya. Biasanya dikerjakan secara online. Bisa juga offline misalnya sedang mengontrol proyek, foto di acara pernikahan dan acara lainnya.

      Peluang menjadi seorang freelancer, penulis lepas banyak. Karena sedang berkembang platform menulis online, blog, atau buku. Kalau penulis  berpeluang menulis buku ajar, gost writer, jasa menulis untuk website, copywriter dan lainnya.

      Kalau blog bisa review produk, buku, fotografi dan lainnya.

       Kita harus menampilkan diri kita dengan cara yang berbeda.

         Manfaat branding

      Banyak manfaat yang didapat saat kita membranding diri. Untuk mengembangkan karir dan bisnis, yaitu:

1.    Kepercayaan meningkat.

        Konsisten membuat status, memperlihatkan karya kita berupa design gambar, foto,

2.    Meningkatkan kredibilitas.

        Jika kita konsisten, semua orang akan mengetahui apa kemampuan. Diimplementasikan dalam kehidupan nyata. Menceritakan kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan pekerjaan. Orang jadi menganggapmu ahli.

3.    Jaringan menjadi luas.

Nanti jika konsisten, kamu akan mendapatkan mentor yang akan mengembangkan bakatmu. Juga akan mempertemukan dengan teman-teman yang sejalan dan membutuhkan keahlianmu.

4.    Lebih mengetahui perkembangan diri dan potensi apa yang biwa dikembangkan.

   Potensi dan keahlian perlu dikembangkan. Dengan personal branding yang kuat maka kita akan memdapatkan sesuatu yang baru. Mengenai keahlian kita , ataupun keahlian lainnya yang bisa dikembangkan.

5.     Mempunyai nilai tambah.

       Tentu saja dengan pengembangan diri dan branding akan memberi nila tambah pada audience kita. Follower akan bertambah. Kemampuan kita akan meningkat.

6.     Fokus pada audience.

        Target audience akan lebih fokus. Walaupun awalnya follower sedikit. Tapi, seiring perjalanan waktu dan konsisten maka akan bertambah.

7.     Keuntungan dan keyakinan akan didapat.

Mereka akan memiliki keyakinan dan kepercayaan diri yang kuat jika mempunyai branding. Kelebihan dan nilai positif dibagikan ke publik. Memberitahukan arah menggunakan kekuatan yang mereka punya.

8.     Authenticity

   Keasliannya membuat kelemahannya kurang terlihat. Memperbaiki kekurangan. Jadi seseorang keaslian tentang dirinya. Mengetahui keaslian dirinya. Bukan sesuatu yang dibuat-buat. Ia membangun brandingnya sendiri.

          Harus ditingkatkan lagi. Sehingga dapat berkembang dengan baik.



         Inilah cara untuk meningkatkan personal branding, yaitu:

Tahu kelebihan dan kekurangan diri

  Apa keunggulan anda. Sebagai seorang freelancer, blogger.


      Mengenali karakter diri. 

   Misalnya kita bisa membuat tutorial membuat blog untuk pemula, membuat konten yang menarik di media sosial. Karya-karya. Berupa foto, design, artikel lainnya, Bidang yang dikuasai.

Tentukan Audience.

Untuk blogger tentukan tema atau niche bisa tentang parenting, kesehatan, lifestyle dan lainnya.

Untuk apa anda dikenal?

      Personal branding memungkinkan untuk mengarahkan jalan kita. Mengetahui keterampilan yang dipunyai. Kita ingin dikenal sebagai apa?

      Berkaitan dengan karir dan apa yang ingin dijalani. Perlu penjngkatan kemampuan untuk maju.

 

Riset tentang apa yang ingin dijalani.

     Misalnya ingin menjadi blogger. Berkomunitas, atau mencari tahu dari internet blogger yang sukses, youtuber yang terkenal. Amati apa yang dilakukan.

        Tiru kebiasaan orang-orang sukses di bidangnya.

   Minta rekomendasi

    Bisa dari teman atau keluarga. Biasanya saya dapat info job dari komunitas. Kalau rajin upload karya, tawaran datang dengan sendirinya. Mereka telah mengetahui apa keahlian. Bisa saja percaya dan memberikan informasi dan rekomendasi jika membutuhkan jasa kita. Biasanya endorse produk umkm.

Jaringan diperluas.

       Dengan berkomunitas maka akan ada teman-teman baru yang seprofesi. Banyak peluang yang datang untuk membranding diri dan memperoleh job.

  

         Elevator pitch disiapkan

Buatlah posting bercerita tentang kita 30-60 menit. Melalui media sosial. Juga bisa hanya status berupa gambar dan lainnya.

        Yang pasti meningkatkan  branding butuh waktu dan konsistensi membangun reputasi baik.

*Dari berbagai sumber plus pengalaman.

 

 

 

           

     

 

      

             Tulisan ini diikutsertakan dalam 30 Days Writing Challege bersama Sahabat Hosting

Tidak ada komentar:

Pemberdayaan Kaum Perempuan di Era Digital

  Perempuan saat ini sangat berperan di era digital. Dalam forum Raden Ajeng Kartini. Dilansir berita antaranews.com perempuan harus berin...