Senin, 17 Agustus 2020

Cara yang Asyik Mengajarkan Bahasa Inggris Melalui Permainan


Photo: pixabay.com
 Bermain adalah salah satu cara untuk belajar Bahasa Inggris bagi anak-anak khususnya anak usia dini, seringkali mereka mudah merasa bosan jika belajar bahasa Inggris hanya sekedar menghafal saja. Dengan permainan yang variatif anak akan lebih semangat belajar dan memahami materi yang di ajarkan. 

Menurut Genevieve Roth "bermain adalah cara yang alami untuk belajar anak-anak" bermain bisa dilakukan sewaktu pelajaran akan di mulai atau setelah jam pelajaran berakhir sekitar 10-15 menit, permainan bisa di lakukan sendiri-sendiri atau berkelompok.
Guru harus kreatif dalam mengajarkan permainan, ada berbagai cara untuk mengajarkan Bahasa Inggris pada anak di antaranya:
* Pertama-tama anak di perkenalkan kata-kata bahasa Inggris. Misalnya nama-nama benda, nama-nama hari, bulan, bentuk-bentuk dan lainnya sesuai tema.
* Bermain dengan kartu bergambar sesuai tema. Misalnya ada empat kartu bergambar anak disuruh menunjuk benda yang di sebutkan guru dalam bahasa inggris. Menyebutkan nama-nama hari, bulan dengan tepukan contoh: senin: monday, dan seterusnya.
* Dengan gerakan misalnya: sit down: duduk, stand up: berdiri dan lainnya.
* Bermain dengan tebak-tebakan, permainan ini untuk anak yang sudah bisa membaca, mencocokan kata dengan gambarnya sesuai tema misalnya: buah-buahan, angka dan lainnya. permainan ini bisa di lakukan sendiri atau ber kelompok.
* Bermain dengan media papan tulis ( board games), misalnya guru menggambar angka atau bentuk anak menyebutkan kata-katanya dalam bahasa inggris.
* Bermain di luar kelas anak menebak benda yang di tunjuk guru misalnya pohon, dan lainnya.
* Bermain acak kata, mencocokan kata, dan lainnya.
Ternyata bermain selain mengasyikkan anak juga dapat belajar bahasa inggris lebih mudah dan apabila bermain dalam suatu kelompok anak belajar kekompakan dan kompetisi lho. Jadi mengajar bahasa inggris dengan permainan kenapa tidak?

10 komentar:

Sitatur Rohmah mengatakan...

Iya sih lewat permainan kan anak lebih bahagia jadi ilmu yang masuk lebih mudah diserap juga. Yang agak sedih tuuh anak-anak juga belajar bahasa inggris dari game yang mereka mainkan.iya sih jadi bisa bahasa Inggris, tapi kok ya lewat game, kan jadi buah simalakama tuh

Amel mengatakan...

Wah terima kasih ya ide kreatifnya. Saya mau coba di rumah dengan anak2.

Amel mengatakan...

wah menarik sekali ide kreatifnya, jadi isnpirasi untuk saya terapkan ke anak-anak

Yanti Ani mengatakan...

Tipsnya oke banget ya, jadi belajar kosakata Inggris itu bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana

Yanti Ani mengatakan...

Memperkenalkan kosakata bahasa Inggris bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana ya. Tipsnya oke banget

Amerinnytrirezeki.com mengatakan...

Kalau lewat game harusnya education game ya, mba Sita. Banyak pilihannya.
Makasih mba Amel dan mba Yani, memang benar belajar bisa mulai dengan cara yang sederhana. Selamat mencoba.

Dian Restu Agustina mengatakan...

Setuju, bermain adalah cara yang alami untuk belajar bagi anak-anak. Mereka merasanya sedang bermain tapi ada ilmu yang didapatkan. Apalagi untuk belajar bahasa Inggris, pasti lebih menyenangkan

Yuni BS mengatakan...

Iya sih. Dunia anak kan masih asyik dengan permainan. Jadi, kegiatan asyik mereka jika ditambah dengan belajar bahasa inggrisnya akan lebih dipahami anak. Betul nggak sih?

Hani mengatakan...

Bisa jadi ide nih, belajar bhs Inggris sambil bermain. Apalagi kalau melalui gambar-gambar. Lebih gampang hafal jadinya...Trims sharingnya...

Yuliani mengatakan...

Kreatif, Ms. Bisa diterapkan di rumah juga, ya, buat anak-anak supaya lebih seru.

Pemberdayaan Kaum Perempuan di Era Digital

  Perempuan saat ini sangat berperan di era digital. Dalam forum Raden Ajeng Kartini. Dilansir berita antaranews.com perempuan harus berin...