Kamis, 27 Desember 2018

Berita yang Layak Menjadi Viral

(www.breakingnews.co.id)

Hai Sahabatku Rinny,
            Ga terasa ya, beberapa hari lagi kita memasuki tahun 2019. Tahun 2018 ini, pastinya banyak peristiwa yang terjadi dan menjadi pemberitaan. Ada juga berita yang viral, mulai dari perceraian pasangan artis, kekerasan pada kaum perempuan hingga atlet berprestasi.
            Berita viral adalah suatu berita yang menyebar cepat di media sosial dan menjadi populer. Bisa berupa foto, video, berita dan lainnya. Pengertian viral dalam marketing adalah penyebaran produk yang diinformasikan kepada masyarakat melalui jaringan internet.
            Dari beberapa berita di media massa yang viral ada yang memang layak buat diviralkan ya, dears. Karena membuat saya kagum juga terinspirasi. Ada juga berita viral yang menuai simpati seperti banyaknya kekerasan pada perempuan dan anak di Indonesia juga bencana alam.
            Berikut berita yang layak menjadi viral menurut saya, yaitu:
·         Seseorang yang menjadi lebih baik dalam hidupnya.
Maksudnya seseorang yang hijrah kearah yang lebih baik atau menjadi mualaf seperti artis Roger Danuarta juga kisah atlet wushu Linswell Kwok yang menjadi mualaf dan berhijab, tentu menginspirasi kaum muslimah menjadi lebih baik atau seseorang yang berprestasi tapi dari keluarga yang sederhana dan lainnya.
·         Kisah enterpreneur sukses.
Seperti kisah Indari Mastuti seorang mompreneur dibidang penulisan mendirikan Indscript, menyediakan jasa penulisan, training dibidang bisnis dan nulis khusus perempuan juga founder komunitas Ibu-ibu Doyan nulis dan lainnya.
·         Perempuan inspiratif.
Kisahnya patut menjadi viral, karena kisah hidup mereka membuat semangat kaum perempuan dalam berkarya. Seperti menteri kelautan dan perikanan Susi Pujiastuti, seorang tamatan sekolah menengah pertama yang menjadi menteri dan mempunyai susi air. Juga kisah Song Bora influencer asal Korea dan menjadi mualaf juga mengajar Alquran.
·         Atlet berprestasi.
Seperti atlet bulu tangkis, Jonathan Christie yang memenangkan mendali emas di Asian games 2018 melawan Chou Thien Chen usai memenangkan laga semi final Asian games 2018. Atlet pencak silat Hanifan Yudani Kusuma memenangkan mendali emas asian games 2018.
·         Bencana alam yang mengguggah rasa peduli.
Gempa dan tsunami yang melanda banyak kota di Indonesia mulai dari Palu sampai Banten dan Lampung mengguggah rasa peduli. Bantuan yang mengalir, juga membuat Kita bisa mengambil pelajaran bagaimana menghadapi bencana dan lebih peduli terhadap korban bencana alam. Kisah para penghafal Quran yang pesantrennya tidak terkena tsunami.
 Berita yang layak viral adalah berita yang menginspirasi, juga mengguggah rasa peduli, menuai simpati dan rasa kagum. Sehingga dapat mengambil pelajaran, walaupun berita buruk seperti perceraian ataupun bencana alam. Sebaiknya Kita cek dan ricek sebuah berita yang viral, benar atau tidak. jangan sampai Kita dibilang penyebar berita hoax ya, dears, kalau kita share berita yang ternyata tidak benar. Semoga Kita bisa mengambil manfaat dari setiap peristiwa yang Kita dengar dan alami. Aaamiin ya robbal’alamin.
Sumber:
Sumberpengertian.co.id
Id.wikipedia.org
IIDNtimes.com
Estrilook.com
#MBC(Mom Blogger Community)
#TOBPDesember




Tidak ada komentar:

Pemberdayaan Kaum Perempuan di Era Digital

  Perempuan saat ini sangat berperan di era digital. Dalam forum Raden Ajeng Kartini. Dilansir berita antaranews.com perempuan harus berin...