Senin, 17 Desember 2018

Arti Kebahagiaan yang Sejati

(unsplash.com, canva by Amerinny Tri Rezeki)


Sahabat Rinny,
            Apa arti kebahagiaan buat kalian? Tentu beda-beda ya, ada yang bilang rasa senang, rasa damai, rasa tenang. Tapi ternyata maknanya bukan sekedar itu aja, dears. Tapi, bahagia dari dalam hati kita yang merasa cukup atas apa yang kita punya, rasa syukur juga keikhlasan hati menerima segala ketentuan Allah. Kebahagiaan rasa senang yang dimiliki manusia dalam hidupnya.
            Bahagia juga bisa diartikan hidup yang baik dalam kesederhanaan, seperti kisah nabi Muhammad Shallallahualaihiwassalam yang selalu merasa cukup walau sering kekurangan. Juga kisah yang dikatakan Ibnu Qayyum Rahimullah, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah selalu merasa bahagia walau didera siksaan dalam penjara, beliau selalu berdoa: Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibadatik (Ya Allah, aku meminta pertolongan agar dapat berdzikir, bersyukur dan beribadah dengan baik pada-Mu).
            Saat membutuhkan nasihat murid-murid Syaih Islam Ibnu Taimiyyah selalu member kata-kata yang bijak sehingga mampu menenangkan mereka. Bahagia yang sederhana ternyata berasal dari hati ya, dears. 5 kebahagiaan sederhana ala Rinny,yaitu:
1        Saat bisa membahagiakan keluarga.
Keluarga adalah sesuatu yang berharga. Kalau ga ada keluarga, ya hidup hampa, ga ada Rinny. Kebahagiaan keluarga, kalau kita bisa beri sesuatu, bantuan tenaga, atau suatu barang. Misalnya ada anggota keluarga yang sakit, kita luangkan waktu buat nengok, menghiburnya. Kalau ada yang meninggal, kita harus menghibur keluarganya, melayat, membawa makanan buat keluarga yang berduka.
2.      Saat dipercaya oleh sahabat dan keluarga.
Kalau kita bisa membantu menghibur saat sahabat dan keluarga kita memerlukan itu hal yang membahagiakan. Ada yang berduka, kita bisa menghiburnya, mendengarkan, atau dipercaya ngasih usulan atau saran.
3.      Bisa berbagi pada sesama.
Walau misalnya membantu saat ada pengajian, saat ada yang berduka. Berbagi rezeki itu hal yang membahagiakan.
4.      Berbuat sesuatu yang kita sukai.
Misalnya: hobi, bisnis sesuai passion. Hal yang membahagiakan, kalau kita mengerjakan sesuatu dengan senang hati, tentu akan membuat hati bahagia, kalau bahagia bisa fokus dan maksimal.
5.      Memiliki hidup yang baik.
Maksudnya diberi kebaikan dalam hal rezeki, diberi keberkahan, kesehatan, ketenangan, itu suatu kebahagiaan yang ga ada duanya.
Intinya kalau hati bahagia, kita bisa tenang, lapang dada, walaupun banyak cobaan. Semoga kebahagiaan selalu meliputi hati sahabat semua.
Salam sayang,
Amerinny Tri Rezeki
#bloggerperempuan
#BPN30dayschallege
#days27





Tidak ada komentar:

Pemberdayaan Kaum Perempuan di Era Digital

  Perempuan saat ini sangat berperan di era digital. Dalam forum Raden Ajeng Kartini. Dilansir berita antaranews.com perempuan harus berin...