Jumat, 27 Juli 2018

Inilah Manfaat Bermain Tebak-tebakan Untuk Anak

 
(Sumber:sahabatseluarga.kemendikbud.go.id)
  Keponakan Saya senang sekali saat melihat Saya menggambar, Iapun menebak gambarnya yang dibuat. Atau saat Saya bertanya apa itu? Saat Saya menunjukkan sesuatu di jalan seperti Mobil, truk dan lainnya. Walaupun gambarnya Masih mencontoh tapi dia tetep seneng tuch😃
Memang Bermain tebak-tebakan adalah salah satu kegiatan yang   menyenangkan untuk dimainkan. Selain itu banyak sekali manfaatnya anak jadi semakin pintar. Manfaat lainnya dilansir dari sahabatkeluarga.kemendikbud.go.id, yaitu:
1. Perekat hubungan anak dan orangtua.
Saat anak Bermain menebak kata, huruf atau gambarnya maka anak akan dekat dengan orangtuanya. Suasana menjadi menyenangkan, hubungan semakin erat Antara anak dan orangtuanya. Selain itu anak juga bermain, tertawa bersama.
2. Tebak-tebakan  akan membuat anak menjadi senang.
 Main tebak-tebakan akan membuat anak menjadi senang jika anak dapat menjawab dengan benar. Anak akan berfikir, penasaran kalau ternyata jawaban mereka salah. Suasanapun menjadi ceria.
3. Meningkatkan kecerdasan anak.
  Saat anak menebak sesuatu, maka akan mengasah otaknya menjadi lebih cerdas. Dengan menebak kata anak jadi lebih berfikir untuk menemukan jawabannya. sering bermain tebak-tebakan anak akan berkembang kecerdasannya.
4. Terbangunnya hubungan yang harmonis antara anak dan orangtua.
  Rasa sayang anak orangtua yang tumbuh dari seringnya bermain bersama. Bermain tebak-tebakan akan membuat anak dan orang tua menjadi lebih dekat, anak menjadi lebih sayang hubungan menjadi lebih harmonis.
   Jika ingin anak cerdas tidak ada salahnya setiap hari bermain tebak tebakan. Tentunya bervariasi jenis tebak-tebakannya ya, Ummi. Supaya
anak bersemangat belajar setiap hari. Selamat mencoba.
Sumber:
https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/m/index.php?r=tpost/xview&id=4333


13 komentar:

Srie Ningsih Ali mengatakan...

Betul Mba, cucu saya seneng klo diajak main tebakan gambar seperti itu. Kadang imaginasinya mendadak.keren saat ngeliat gambar yg aku buat..

Rahayu Asda mengatakan...

Mbak thank yaninfonnyaa.. anak anak memanh senang di ajak main tebak tebakkan

Dian Restu Agustina mengatakan...

Terima kasih sharingnya Mbak...Setuju dengan ini. Cara belajar yang menyenangkan tentu akan membuat anak makin semangat belajar

Damar Aisyah mengatakan...

Setuju, permainan ini sangat sederhana tapi menyenangkan dan paling penting sangat bermanfaat

Amerinnytrirezeki.com mengatakan...

Wah bagus tuch Mak, memang main tebak-tebakan anak jafi kreatif ya.

Amerinnytrirezeki.com mengatakan...

Iya dong Mak, anak jadi mikir Dan excited banget😍

Amerinnytrirezeki.com mengatakan...

Betul Mba, sama-sama

Meirida mengatakan...

Anakku paling suka main tebak gambar mbak. Apalagi di gadget skrg juga udah ada gamenya. Emang bener mbak bilang, permainan ini mmg mampu mendekatkan anak dan ortunya.

Bety Kristianto mengatakan...

Aku juga suka tebak-tebakan ama anak-anak mba. Lucu dan seruuu.. hehe

Ima Satrianto | www.tamasyaku.com mengatakan...

Melatih ingatan jg buat org tuanya ya mba ^_^

Emmy Herlina mengatakan...

Wah tentunya mbak. Saya juga suka tu mengajak anak main tebak-tebakan gambar. Anak2 juga suka. Termasuk adiknya yg belum bisa ngomong tapi sudah cerdas menebak gambar 😁😁

Reyne Raea / Rey mengatakan...

Waaahhh, saya sering main tebak-tebakan ama anak saya, sayangnya dia gak asyik mainnya, kalau kalah nangis hahaha.
Tapi itu dulu sih, kayaknya kudu dicoba lagi nih, permainan yang mudah dan praktis :)

Jeanette Agatha mengatakan...

wahhh seru, jadi pengen mencoba main tebak gambar sama anakku

Pemberdayaan Kaum Perempuan di Era Digital

  Perempuan saat ini sangat berperan di era digital. Dalam forum Raden Ajeng Kartini. Dilansir berita antaranews.com perempuan harus berin...