Langsung ke konten utama

Inilah Manfaat Bermain Tebak-tebakan Untuk Anak

 
(Sumber:sahabatseluarga.kemendikbud.go.id)
  Keponakan Saya senang sekali saat melihat Saya menggambar, Iapun menebak gambarnya yang dibuat. Atau saat Saya bertanya apa itu? Saat Saya menunjukkan sesuatu di jalan seperti Mobil, truk dan lainnya. Walaupun gambarnya Masih mencontoh tapi dia tetep seneng tuch๐Ÿ˜ƒ
Memang Bermain tebak-tebakan adalah salah satu kegiatan yang   menyenangkan untuk dimainkan. Selain itu banyak sekali manfaatnya anak jadi semakin pintar. Manfaat lainnya dilansir dari sahabatkeluarga.kemendikbud.go.id, yaitu:
1. Perekat hubungan anak dan orangtua.
Saat anak Bermain menebak kata, huruf atau gambarnya maka anak akan dekat dengan orangtuanya. Suasana menjadi menyenangkan, hubungan semakin erat Antara anak dan orangtuanya. Selain itu anak juga bermain, tertawa bersama.
2. Tebak-tebakan  akan membuat anak menjadi senang.
 Main tebak-tebakan akan membuat anak menjadi senang jika anak dapat menjawab dengan benar. Anak akan berfikir, penasaran kalau ternyata jawaban mereka salah. Suasanapun menjadi ceria.
3. Meningkatkan kecerdasan anak.
  Saat anak menebak sesuatu, maka akan mengasah otaknya menjadi lebih cerdas. Dengan menebak kata anak jadi lebih berfikir untuk menemukan jawabannya. sering bermain tebak-tebakan anak akan berkembang kecerdasannya.
4. Terbangunnya hubungan yang harmonis antara anak dan orangtua.
  Rasa sayang anak orangtua yang tumbuh dari seringnya bermain bersama. Bermain tebak-tebakan akan membuat anak dan orang tua menjadi lebih dekat, anak menjadi lebih sayang hubungan menjadi lebih harmonis.
   Jika ingin anak cerdas tidak ada salahnya setiap hari bermain tebak tebakan. Tentunya bervariasi jenis tebak-tebakannya ya, Ummi. Supaya
anak bersemangat belajar setiap hari. Selamat mencoba.
Sumber:
https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/m/index.php?r=tpost/xview&id=4333


Komentar

Srie Ningsih Ali mengatakan…
Betul Mba, cucu saya seneng klo diajak main tebakan gambar seperti itu. Kadang imaginasinya mendadak.keren saat ngeliat gambar yg aku buat..
Rahayu Asda mengatakan…
Mbak thank yaninfonnyaa.. anak anak memanh senang di ajak main tebak tebakkan
Dian Restu Agustina mengatakan…
Terima kasih sharingnya Mbak...Setuju dengan ini. Cara belajar yang menyenangkan tentu akan membuat anak makin semangat belajar
Damar Aisyah mengatakan…
Setuju, permainan ini sangat sederhana tapi menyenangkan dan paling penting sangat bermanfaat
Amerinnytrirezeki.com mengatakan…
Wah bagus tuch Mak, memang main tebak-tebakan anak jafi kreatif ya.
Amerinnytrirezeki.com mengatakan…
Iya dong Mak, anak jadi mikir Dan excited banget๐Ÿ˜
Amerinnytrirezeki.com mengatakan…
Betul Mba, sama-sama
Meirida mengatakan…
Anakku paling suka main tebak gambar mbak. Apalagi di gadget skrg juga udah ada gamenya. Emang bener mbak bilang, permainan ini mmg mampu mendekatkan anak dan ortunya.
Bety Kristianto mengatakan…
Aku juga suka tebak-tebakan ama anak-anak mba. Lucu dan seruuu.. hehe
Melatih ingatan jg buat org tuanya ya mba ^_^
Emmy Herlina mengatakan…
Wah tentunya mbak. Saya juga suka tu mengajak anak main tebak-tebakan gambar. Anak2 juga suka. Termasuk adiknya yg belum bisa ngomong tapi sudah cerdas menebak gambar ๐Ÿ˜๐Ÿ˜
Reyne Raea / Rey mengatakan…
Waaahhh, saya sering main tebak-tebakan ama anak saya, sayangnya dia gak asyik mainnya, kalau kalah nangis hahaha.
Tapi itu dulu sih, kayaknya kudu dicoba lagi nih, permainan yang mudah dan praktis :)
Jeanette Agatha mengatakan…
wahhh seru, jadi pengen mencoba main tebak gambar sama anakku

Postingan populer dari blog ini

Dian Restu Agustina Inspirasiku Dalam Menulis

   Saat ini saya sedang dalam situasi genting,  ga ding lebay ๐Ÿ˜…. Tepatnya ditantang membuat tulisan tentang seorang penulis, pengusaha atau tokoh. Nggak harus terkenal sih, tapi menginspirasi. Saya langsung teringat dengan salah satu teman Facebook yang juga satu komunitas di Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) dan komunitas blogger, Dian Restu Agustina.    Mbak Dian adalah seorang Ibu Rumah Tangga, freelance writer dan lifestyle blogger. Mengapa memilihnya? Lantaran setiap baca tulisannya, saya merasa bersemangat dan selalu terinspirasi. Saat jenuh melanda, membaca tulisan Mbak Dian membuat saya termotivasi lagi๐Ÿ˜.     Mbak Dian menulis tentang pengalaman sehari-hari menjadi seorang Ibu Rumah Tangga di blognya, www.dianrestuagustina.com. Ia juga menulis di beberapa media online seperti ummi-online.com, salah satunya: http://www.ummi-online.com/wahai-suami-hindari-kata-kata-ini-saat-bercanda-dengan-istri.html Dan di takaitu: http://takaitu.com/kamu-harus-tahu-ternyata-budaya-matr

Cara Menjadi Ibu yang Produktif di Rumah

(sumber:unsplash.com) Seorang Ibu  kadang merasa bosan saat berada di rumah, selalu ingin melakukan aktivitas yang bermanfaat. Di sela waktu mengurus rumah, suami dan anak. Dengan tugas yang ga ada habisnya, Ibu ingin produktif ,ya. Ada yang berbisnis online, freelancer, melakukan kegiatan yang disukai tetapi tetap bisa bermain dengan anak-anak. Lalu bagaimana ya caranya agar bisa tetap produktif di rumah?Inilah cara yang bisa Ibu lakukan dilansir dari berbagai sumber: 1. Buatlah perencanaan dan patuhilah. Dengan membuat perencanaan kita dapat menyelesaikan pekerjaan lebih baik ya, Bu. Karena sudah lebih tahu apa yang harus dilakukan hari itu. Bisa dengan membuat rencana harian, mingguan, atau bulanan. Dilakukan sebelum tidur malam, buat kegiatan yang biasa Ibu lakuin ya, berapa lama. Lalu dipatuhi. 2. Melakukan kegiatan sesuai hobi. Misalnya kalau Moms hobi merajut, masak, menulis dan lainnya. moms bisa lakukan disela waktu mengurus anak. Misalnya setelah anak berangkat se

Menikmati Pemandangan sambil Ngopi Di Ngopi di Kebon Bandung

Apa Emak suka ngopi? Atau ingin berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan di kebun, melihat pemandangan, bunga-bunga, menemani anak bermain, nikmatnya tiada tara ya. Saya juga sangat menikmati saat diajak ke ngopi di kebon Bandung suatu sore. Saat itu ada saudara yang tinggal di Bandung dan merekomendasikan tempat ini. Katanya bagus banget lho, makanannya enak-enak, Kita bisa lihat pemandangan, bukit, kebun dan bunga-bunga. Ternyata setelah Saya ke sana memang seru dan senang menikmati pemandangan di bukit yang tinggi. Melihat bunga-bunga, ada tempat bermainnya juga. Sewaktu  kesana memang udara sangat sejuk dan segar. Kita langsung pesan makanan. Sambil menunggu pesanan datang, Kita asyik melihat pemandangan yang menyegarkan mata. Melihat pemandangan Bandung Selatan, juga menemani keponakan main. Www.wisatabandung.com    Biasanya yang datang ke sana sekedar santai atau reuni atau arisan bisa juga buat yang foto pre-wedding atau resepsi nikahan. Indah banget pemandangannya. A