Langsung ke konten utama

Manfaat Silaturahturahmi

Sumber foto:IDNews.com

Sahabat Rinny,
2/361 Abu Huairah Radhiyallahu Anhu meriwayatkan dari Nabi Muhammad Sallahualaihi Wassalam sesungguhnya ada lelaki yang mengunjunginya saudaranya yang berada di desa lain. Kemudian Allah Taa'la mengutus malaikat untuk menjaganya. Setelah malaikat itu berjumpa dengannya lalu bertanya”hendak kemanakah Kamu?” Ia menjawab “Saya akan berkunjung ke tempat saudaraku yang berada di desa lain. Malaikat  bertanya “Apakah Kamu mempunyai hutang budi   sehingga Kamu mengunjunginya.  Ia menjawab:Tidak, Saya mengunjunginya dan mencintainya karena Allah Taala’ala. Malaikat itu berkata “Sesungguhnya Saya adalah utusan Allah untuk menjumpaimu Dan Allah telah  mencintainya sebagaimana Kamu mencintainya saudaraku Karena Allah (HR Muslim:2567).
         Kalau Kita berniat untuk mengunjunginya saudara Karena kecintaan terhadap Allah Taala’ala maka malaikat akan menjaga selama perjalanan.
      Silaturahturahmi menurut kamus besar Bahasa Indonesia yaitu  silaturahturahmi tali persaudaraan jadi dengan bersilaturahmi, Kita akan mengikat tali persaudaraan. 
     Setiap tahun kalau tidak mudik ke Bandung, Saya mengunjunginya rumah saudara sekitar Jakarta saja, atau liburan ke suatu tempat atau di rumah. Ternyata Banyak Manfaat jika Kita bersilaturahmi,diantaranya:
1. Menjaga keakraban dengan kerabat.
Selama ini Kita jarang bertemu dengan kerabat, kurangnya waktu bersama, Karena kesibukan masing-masing. Dihari Idul Fitri Saat yang tempat untuk bersilahturahmi, Saat semua libur dari pekerjaan masing-masing. Atau anak-anak libur sekolah. Berjumpa dengan anggota keluarga.
2. Menjalin tali persaudaraan.
Bersilahturahmi dapat menjalin tali persaudaraan dengan keluarga atau kerabat yang jauh, sudah lama tidak bertemu. Berkenalan Dan menjalin tali persaudaraan yang erat.   
3. Memperbanyak rezeki.
Sesuai Firman Allah bahwa : Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ أَوْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
“Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi”. [Muttafaqun ‘alaihi].


 Dengan bersilahturahmi maka akan mengenal keluarga Yang mempunyai pekerjaan Dalam bidang yang sama atau berkaitan. Misalnya ada yang berbisnis membuat kue ada pula yang berjualan alat-alat masak bisa bekerjasama atau seseorang yang ingin  merenovasi rumah. Ada keluarga yang berprofesi seorang arsitek bisa jadi kliennya dan lainnya. 
 Itulah beberapa Manfaat jika Kita bersilahturahmi dengan keluarga atau kerabat. Malaikat akan menjaga, Kita berniat silaturahturahmi Karena cinta kepada Allah kebaikan orang tersebut, Bukan karena hutang budi walaupun orang tersebut mungkin pernah menyakiti Kita. Tapi jika Kita berniat baik pada orang tersebut. Memang berat ya tapi faedahnya  banyak. Moment libur lebaran adalah Salah satu yang paling tepat untuk bersilahturahmi. Walaupun seharusnya Saat Ada waktu Kita bersilahturahmi mendatangi saudara Kita yang sedang sakit atau sekedar bertandang. Semoga bermanfaat.
Sumber: https://almanhaj.or.id/2658-betapa-penting-menyambung-silaturahmi.html
Riyadus Shalihin, Imam An Nawawi, halaman 228


Komentar

Tira Soekardi mengatakan…
iya ya tertama dengan saudara sendiri ya
elizabeth septarini mengatakan…
Silaturahmi mendekatkan saudara, sahabat dan teman, juga rejekinya.
Amerinnytrirezeki.com mengatakan…
Iya betul mba
Amerinnytrirezeki.com mengatakan…
Betul sekali😍
admin/ hani mengatakan…
Bener banget. Bersilaturahmi perlu, bukan hanya saudara, tetangga juga. Trims remindernya...
Dian Restu Agustina mengatakan…
Terima kasih sudah mengingatkan saya tentang manfaat silaturahmi Mbak Rinny 😊
mardanurdin.com mengatakan…
Salah satu dampak positif lebaran adalah silaturahim, eh itu bukan dampak sih lebih tepatnya manfaat kali yah...
Dwi Arumantikawati mengatakan…
Memang banyak ya manfaat silaturahim, ini salah satunya ya mba kita jadi saling kenal.
Damar Aisyah mengatakan…
Beberapa kali merasakan keajaiban dari silaturahmi. Luar biasa dan bikin ketagihan pokoknya.
HeNee mengatakan…
Betul mba, manfaat silaturahmi itu banyak banget yah. Memperbanyak rezeki dan memperpanjang umur juga katanya :)
Amerinnytrirezeki.com mengatakan…
Iya Mba, sama-sama. Bersilahturahmi pada siapa saja Mba.
Amerinnytrirezeki.com mengatakan…
Sama-sama Mba Dian😍
Amerinnytrirezeki.com mengatakan…
Iya, Mak. Memang lebaran Salah satu moment Yang Pas buat bersilahturahmi Karena Hari raya. Waktu ya berkumpul bersama keluarga.
Amerinnytrirezeki.com mengatakan…
Betul, Kita jadi Tahu saudara Yang Belum pernah ketemu, akhirnya saling kenal.
Amerinnytrirezeki.com mengatakan…
Iya Mba, jadi saling kenal. Tambah saudara.
Amerinnytrirezeki.com mengatakan…
Bener kok, selain itu jadi semakin akrab dengan saudara Dan kerabat Mba.
Nurul Fitri Fatkhani mengatakan…
Setuju, dengan bersilaturahim, kita bisa mempererat tali persaudaraan dan bisa memanjangkan rezeki.
www.diraindi.com mengatakan…
Sesungguhnya Saya adalah utusan Allah untuk menjumpaimu Dan Allah telah mencintainya sebagaimana Kamu mencintainya saudaraku Karena Allah

Indahnya Mbak Amme yaaa silaturahmi, semiga kita bisa ketemu yaaa Mbak 😊😊😊

Postingan populer dari blog ini

Dian Restu Agustina Inspirasiku Dalam Menulis

   Saat ini saya sedang dalam situasi genting,  ga ding lebay 😅. Tepatnya ditantang membuat tulisan tentang seorang penulis, pengusaha atau tokoh. Nggak harus terkenal sih, tapi menginspirasi. Saya langsung teringat dengan salah satu teman Facebook yang juga satu komunitas di Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) dan komunitas blogger, Dian Restu Agustina.    Mbak Dian adalah seorang Ibu Rumah Tangga, freelance writer dan lifestyle blogger. Mengapa memilihnya? Lantaran setiap baca tulisannya, saya merasa bersemangat dan selalu terinspirasi. Saat jenuh melanda, membaca tulisan Mbak Dian membuat saya termotivasi lagi😍.     Mbak Dian menulis tentang pengalaman sehari-hari menjadi seorang Ibu Rumah Tangga di blognya, www.dianrestuagustina.com. Ia juga menulis di beberapa media online seperti ummi-online.com, salah satunya: http://www.ummi-online.com/wahai-suami-hindari-kata-kata-ini-saat-bercanda-dengan-istri.html Dan di takaitu: http://takaitu.com/kamu-harus-tahu-ternyata-budaya-matr

Cara Menjadi Ibu yang Produktif di Rumah

(sumber:unsplash.com) Seorang Ibu  kadang merasa bosan saat berada di rumah, selalu ingin melakukan aktivitas yang bermanfaat. Di sela waktu mengurus rumah, suami dan anak. Dengan tugas yang ga ada habisnya, Ibu ingin produktif ,ya. Ada yang berbisnis online, freelancer, melakukan kegiatan yang disukai tetapi tetap bisa bermain dengan anak-anak. Lalu bagaimana ya caranya agar bisa tetap produktif di rumah?Inilah cara yang bisa Ibu lakukan dilansir dari berbagai sumber: 1. Buatlah perencanaan dan patuhilah. Dengan membuat perencanaan kita dapat menyelesaikan pekerjaan lebih baik ya, Bu. Karena sudah lebih tahu apa yang harus dilakukan hari itu. Bisa dengan membuat rencana harian, mingguan, atau bulanan. Dilakukan sebelum tidur malam, buat kegiatan yang biasa Ibu lakuin ya, berapa lama. Lalu dipatuhi. 2. Melakukan kegiatan sesuai hobi. Misalnya kalau Moms hobi merajut, masak, menulis dan lainnya. moms bisa lakukan disela waktu mengurus anak. Misalnya setelah anak berangkat se

Menikmati Pemandangan sambil Ngopi Di Ngopi di Kebon Bandung

Apa Emak suka ngopi? Atau ingin berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan di kebun, melihat pemandangan, bunga-bunga, menemani anak bermain, nikmatnya tiada tara ya. Saya juga sangat menikmati saat diajak ke ngopi di kebon Bandung suatu sore. Saat itu ada saudara yang tinggal di Bandung dan merekomendasikan tempat ini. Katanya bagus banget lho, makanannya enak-enak, Kita bisa lihat pemandangan, bukit, kebun dan bunga-bunga. Ternyata setelah Saya ke sana memang seru dan senang menikmati pemandangan di bukit yang tinggi. Melihat bunga-bunga, ada tempat bermainnya juga. Sewaktu  kesana memang udara sangat sejuk dan segar. Kita langsung pesan makanan. Sambil menunggu pesanan datang, Kita asyik melihat pemandangan yang menyegarkan mata. Melihat pemandangan Bandung Selatan, juga menemani keponakan main. Www.wisatabandung.com    Biasanya yang datang ke sana sekedar santai atau reuni atau arisan bisa juga buat yang foto pre-wedding atau resepsi nikahan. Indah banget pemandangannya. A