Rabu, 18 April 2018

Cara Menstimulasi Berbicara pada Anak


Suatu sore Saya mengajak keponakan jalan-jalan bermain di sekitar rumah, Ia melihat seekor burung terbang lalu bilang"Rung, Rung. Dan Saya menjawab "Burung, Kak". Memang saat anak belajar berbicara Kita harus sering menstimulasi agar Ia dapat berbicara dengan bahasa yang jelas. Karena Ia menirukan apa yang diucapkan orangtuanya atau orang-orang disekitarnya. Berikut cara menstimulasi anak berbicara,diantaranya:
* Berbicara dengan bahasa yang mudah dimengerti anak.
Saat anak mengucapkan sesuatu, Kita harus mengajarkan anak mengucapkan kata tersebut dengan benar. Seperti cerita Saya tadi😍Anak akan terbiasa mengucapkan kata dengan benar, mengikuti apa yang diucapkan.
* Membacakan cerita.
Membacakan buku cerita nabi atau belajar huruf dan cerita lainnya akan membiat anak terbiasa mendengar dan berbicara dengan benar. Saat Kita menyebutkan suatu benda yang ada di dalam cerita seperti meja, tas dan lainnya. Anak akan menirukan dan akhirnya terstimulasi kemampuan berbicaranya.
*Ucapkan berulang-ulang.
Mengucapkan kata yang benar secara berulang-ulang akan membuat anak dapat berbicara dengan lancar dari mendengar. Seperti sapu, batu dan lainnya.
* Rajin berkomunikasi dengan anak.
Saat berjalan-jalan atau bermain bersama anak, ajaklah selalu mengobrol. Berkomunikasi dengan anak sangat bermanfaat untuk menjalin kedekatan dengan anak.
* Berilah instruksi pada anak.
Sekali waktu beri instruksi pada anak untuk melakukan sesuatu, misalnya: bersalaman, mencium, mengambil sesuatu atau mencium. Anak akan belajar berbicara melalui pemahaman instruksi.
Itulah beberapa cara untuk menstimulasi bicara pada anak, semoga bermanfaat.
Sumber foto:happyclub.id

Dikutip dari berbagai sumber.

18 komentar:

Tira Soekardi mengatakan...

makasih sharingnya

Sera Wicaksono mengatakan...

Makasih sharingnya, kebetulan sy jg ada baby yg sdh waktunya blajar bicara

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

Terkadang orang tua malah mengikuti cara berbicara anaknya ya...padahal seharusnya sebaliknya, orang tua mengucapkan kata yang sebenarnya. Saya juga punya keponakan yang lagi belajar bicara, lucuu hihihi

Dwi Arumantikawati mengatakan...

Saya kadang mengajarinya sambil bermain. Jadi saya coba perintah, "tolong ambilkan pensil di meja dan berikan pada ayah" tanpa menunjuk pensil dan ayah. Pengen tahu aja apa dia sdh mengerti instruksinya. Hee.. it works!

Emmy Herlina mengatakan...

Wah, baca ini jadi keinget anak sendiri yg speech delay. Skrg lagi proses terapi. Tapi aku gak nyerah, insya Alloh bisa menyusul. Makasih infonya

Eni Rahayu mengatakan...

Iyess benar sekali mbak. Anak harus distimulasi agar lancar pada waktunya. Thanks for sharing

Bety Kristianto mengatakan...

Memang benar untuk mencegah anak cadel kita harus mengajarinya berbicara secara normal, bukan ikut-ikutan cadel. Saya juga gitu, and it works! Sekarang, mereka kayak burung beo gak bisa diem πŸ˜€

Unknown mengatakan...

kadang -kadang malah ikutan bicara cedal dan apa kata anak. Wah , makasih mbak infonya.

hobi-utami mengatakan...

tks mbak Rinny atas sharingnya yang keren

Dian Restu Agustina mengatakan...

Stimulasi yang tepat akan mendukung kemampuan bicara anak...Ulasan yang menarik, Mbak:)

Anggraeni Septi mengatakan...

Wah ini tema yang menarik, karena anak sy juga rada telat ngomongnya. Makasih ya mba tipsnya :)

Dewi Nielsen mengatakan...

Benar banget ulasannya. Kadangkan kalau ada ada yang ngomongnya nggak pas, eh malah orang dewasanya yang juga ikutan, kayak mimik, mamam :D harusnya diajarin aja yang bener ya kan

megamerahjingga mengatakan...

Mengajak anak sering bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, seperti bermain bersama teman / kakak kakaknya juga membantu bgt mba. karena anakku umur 25 bln baru bisa bicara jelas setelah sering diajak bermain dan kumpul bersama saudara-saudaranya. thx untuk sharingnya mba :)

Amerinnytrirezeki.com mengatakan...

Sama-sama mba😊

Amerinnytrirezeki.com mengatakan...

Sama-sama

Amerinnytrirezeki.com mengatakan...

Iya, mba. Kalo Kita ikutin cara bicaranya, Dia bakal anggap itu bener jadi ditiru.

Amerinnytrirezeki.com mengatakan...

Bagus dong, mba😍

Amerinnytrirezeki.com mengatakan...

Insha Allah, harus sabar dan berulang-ulang.

Pemberdayaan Kaum Perempuan di Era Digital

  Perempuan saat ini sangat berperan di era digital. Dalam forum Raden Ajeng Kartini. Dilansir berita antaranews.com perempuan harus berin...