Langsung ke konten utama

Ciptakan Lingkungan Asri, Sehat dan Bersih dengan Taman


        Saya senang sekali akhir-akhir ini Jakarta, Depok, Bogor dan lainnya, membangun taman-taman seperti: Taman Menteng, taman Suropati, taman Bintaro x change dan baru-baru ini ada Taman Jajan Bintaro CBD yang berada di sektor 7 dan lainnya. Selain tamannya nyaman karena ada fasilitas bermain seperti:ayunan, perosotan, rumput yang bentuknya seperti gunung, joging track, arena skateboard dan lainnya, fasilitas wifi juga ada buat yg ingin berselancar di dunia maya.
  
       (www.rek-ayo-rek.blogspot.co.id)
Wisatajabar.com

       Di taman-taman tersebut juga ada fasilitas seperti tempat duduk untuk ber istirahat setelah lelah ber olahraga atau bermain, tempat makan seperti yang ber ada di sekitar taman , tanaman-tanaman.
        Sebagaimana yang kita ketahui keberadaan taman kota di sekitar pemukiman sangatlah penting karena dapat menciptakan lingkungan yang bersih, asri dan sehat. Hal ini yang di sadari pemerintah yang sudah memahami manfaat keberadaan taman.
      Adanya taman sangat bermanfaat untuk lingkungan di antaranya:
1. Dari segi Estetika.

        (Www.rek-ayo-rek.blogspot.co.id)
              Dapat membuat membuat pemandangan menjadi indah dengan adanya bunga ber warna-warni, pohon yang di tanam terlihat rimbun, tinggi dan kokoh menambah ke indahan taman.
2. Dari segi kesehatan
       Taman dapat di jadikan sebagai arena untuk berolah raga seperti joging track, permainan, arena skate board dan lainnya. Tanaman yang dapat menyerap air ketanah sehingga dapat mencegah banjir juga adanya pohon membuat udara menjadi sejuk, segar karena dapat menghasilkan oksigen menyerap CO2 atau karbondioksida yang di hirup setiap harinya sehingga nafas menjadi lega dan sehat. Adanya lubang biopori yaitu lubang yang di buat dengan cara dimasukan pipa di bor sedalam 1 meter kemudian dimasukan sampah menyerap air meningkatkan cacing dapat menyuburkan tanah.
3. Dari segi edukasi
Tarulh.com
        Dapat di jadikan sebagai media pembelajaran bagi siswa untuk mengetahui berbagai jenis tanaman, cara menanam dan menjaga kebersihan lingkungan.
      Namun sangat di sayangkan taman yang ada saat ini tidak terlalu luas, tempat jualan kurang bersih, kurang tersedia tempat sampah, petugas kebersihan, kurangnya kesadaran pengunjung terhadap kebersihan banyak sampah berserakan, kurangnya fasilitas Olah raga seperti joging track.
      Untuk itu di perlukan tambahan fasilitas seperti: tempat sampah, fasilitas Olah raga, penyediaan petugas kebersihan, tanaman, ada baiknya di buat lebih banyak taman bermain, lapangan yang luas unuk di jadikan taman bermain seperti: lapangan bola, bulu tangkis, basket di sekitar Bintaro sehingga anak tidak bermain di jalanan. Karena lingkungan bersih, sehat, dan asri tercipta salah satunya dengan adanya taman-taman.
Referensi:
Rek-ayo-rek.blogspot.com
media.Tangsel.com

Komentar

Edwina mengatakan…
Saya senang ke Bintaro, ngga sampai 30 menit naik motor dari rumah. Suasananya berbeda dari Jakarta karena lebih adem, banyak pohon, dan taman. Ke BXc aja udah senang karena bisa duduk santai di tamannya yang luas.
$cocoper6 mengatakan…
Di Depok tamannya dimana ya, apa taman yang ada di Depok I itu, kayanya tidak bisa disamain sama taman menteng atau bintaro x change atau taman di bogor deh. Info dong taman yang di Depok dimana?
Dian Restu Agustina mengatakan…
Setujuu Mbak..Ini baru saja diresmikan juga dekat rumah ruang terbuka ramah anak, meski nggak terlalu luas tapi lumayanlah buat jalan-jalan cari udara segar dan jadi tempat bermain untuk anak-anak.
www.diraindi.com mengatakan…
Paling senang ajak anak jalan ke taman Mbak Ameee :) makin banyak stimulasi lihat taman sekarang yaa
Unknown mengatakan…
Saya setuju taman itu penting mak... Tapi selain fasilitas itu ditambah tetapi edukasi tentang pentingnya kesehatan pada pengunjung harus ditingkatkan
Lha ditempat saya tempat sampah sudah banyak malah bisa dibilang disiapkan pojoknya ada
Kok ya tetap buang sampahnya ke kolam atau. Bawah pohon
Nita Oktifa mengatakan…
Di depok ada taman gurame, taman lembah mawar. Meski tak sebagus taman menteng surapati, taman ini lumayan seru buat ajak anak jalan-jalan hari minggu. Banyakin uang saku aja, Mak. Karena ada pasar kaget di sana.😀
Damar Aisyah mengatakan…
Saya belum pernah ke bintaro. Palingan bintaro mall aja, itupun cuma nemenin suami ktm klien. Kapan2 blh dicoba.
Srie Ningsih Ali mengatakan…
Di tangerang juga ada beberapa taman keren yg bisa buat main cucu2.

Postingan populer dari blog ini

Dian Restu Agustina Inspirasiku Dalam Menulis

   Saat ini saya sedang dalam situasi genting,  ga ding lebay 😅. Tepatnya ditantang membuat tulisan tentang seorang penulis, pengusaha atau tokoh. Nggak harus terkenal sih, tapi menginspirasi. Saya langsung teringat dengan salah satu teman Facebook yang juga satu komunitas di Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) dan komunitas blogger, Dian Restu Agustina.    Mbak Dian adalah seorang Ibu Rumah Tangga, freelance writer dan lifestyle blogger. Mengapa memilihnya? Lantaran setiap baca tulisannya, saya merasa bersemangat dan selalu terinspirasi. Saat jenuh melanda, membaca tulisan Mbak Dian membuat saya termotivasi lagi😍.     Mbak Dian menulis tentang pengalaman sehari-hari menjadi seorang Ibu Rumah Tangga di blognya, www.dianrestuagustina.com. Ia juga menulis di beberapa media online seperti ummi-online.com, salah satunya: http://www.ummi-online.com/wahai-suami-hindari-kata-kata-ini-saat-bercanda-dengan-istri.html Dan di takaitu: http://takaitu.com/kamu-harus-tahu-ternyata-budaya-matr

Cara Menjadi Ibu yang Produktif di Rumah

(sumber:unsplash.com) Seorang Ibu  kadang merasa bosan saat berada di rumah, selalu ingin melakukan aktivitas yang bermanfaat. Di sela waktu mengurus rumah, suami dan anak. Dengan tugas yang ga ada habisnya, Ibu ingin produktif ,ya. Ada yang berbisnis online, freelancer, melakukan kegiatan yang disukai tetapi tetap bisa bermain dengan anak-anak. Lalu bagaimana ya caranya agar bisa tetap produktif di rumah?Inilah cara yang bisa Ibu lakukan dilansir dari berbagai sumber: 1. Buatlah perencanaan dan patuhilah. Dengan membuat perencanaan kita dapat menyelesaikan pekerjaan lebih baik ya, Bu. Karena sudah lebih tahu apa yang harus dilakukan hari itu. Bisa dengan membuat rencana harian, mingguan, atau bulanan. Dilakukan sebelum tidur malam, buat kegiatan yang biasa Ibu lakuin ya, berapa lama. Lalu dipatuhi. 2. Melakukan kegiatan sesuai hobi. Misalnya kalau Moms hobi merajut, masak, menulis dan lainnya. moms bisa lakukan disela waktu mengurus anak. Misalnya setelah anak berangkat se

Menikmati Pemandangan sambil Ngopi Di Ngopi di Kebon Bandung

Apa Emak suka ngopi? Atau ingin berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan di kebun, melihat pemandangan, bunga-bunga, menemani anak bermain, nikmatnya tiada tara ya. Saya juga sangat menikmati saat diajak ke ngopi di kebon Bandung suatu sore. Saat itu ada saudara yang tinggal di Bandung dan merekomendasikan tempat ini. Katanya bagus banget lho, makanannya enak-enak, Kita bisa lihat pemandangan, bukit, kebun dan bunga-bunga. Ternyata setelah Saya ke sana memang seru dan senang menikmati pemandangan di bukit yang tinggi. Melihat bunga-bunga, ada tempat bermainnya juga. Sewaktu  kesana memang udara sangat sejuk dan segar. Kita langsung pesan makanan. Sambil menunggu pesanan datang, Kita asyik melihat pemandangan yang menyegarkan mata. Melihat pemandangan Bandung Selatan, juga menemani keponakan main. Www.wisatabandung.com    Biasanya yang datang ke sana sekedar santai atau reuni atau arisan bisa juga buat yang foto pre-wedding atau resepsi nikahan. Indah banget pemandangannya. A