Langsung ke konten utama

Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis dengan Training di Joeragan Artikel


Terminal ceritaku-WordPress.com
   Salah satu cara meningkatkan kemampuan menulis adalah mengikuti training penulisan. Saya mengikuti training di joeragan artikel. Awalnya dari status teman yang selalu memposting training menulis artikel banyak manfaatnya. Mulai dari mengasah bakat menulis, menambah wawasan dan mengembangkan bakat. Sebenarnya sudah lama ingin mengikuti training ini, karena tertarik dengan peluangnya untuk mendapat penghasilan dari menulis. Setelah training banyak alumninya yang menjadi penulis di emakpintar.org, mendapat job menulis artikel dan lainnya.
   Setelah uang ada Saya langsung daftar melalui konsultan Saya di komunitas menulis dari Indscript mba Kartika Sulistiowati. Bulan April Saya mulai mengikuti training di joeragan artikel.
  Ternyata memang benar apa yang dikatakan teman-teman Saya yang mengikuti training joeragan artikel yaitu gampang menulis artikel. Kita benar-benar langsung praktek menulis. Materi diberikan lalu langsung dapat tugas, membuat tema. Saat itu mentor Saya mba Rara. Alhamdulillah Saya saat itu sudah mengumpulkan ide apa yang akan ditulis jadi ga butuh waktu yang lama buat eksekusi artikel-artikel itu๐Ÿ˜„, Pendampingan selama satu minggu, karena banyak banget pesertanya jadi dibagi-bagi dalam beberapa kelompok. Satu penanggung jawab atau PJ yang akan mengoreksi artikel yang Kita buat.
    Tantangannya ya menulis 5 artikel dalam waktu satu minggu, itu "sesuatu"banget. Mulai dari banyak typonya saat di koreksi, kadang kebingungan saat nentuin judul atau  sambil ngurus ponakan juga, terus cari bahan nulis. Tapi Alhamdulillah  mentor mba Rara juga PJ selalu ngasih semangat buat Kita nulis artikel. PJ Saya mba Nova Bahri memang benar-benar "Mak Ranger "๐Ÿ˜๐Ÿ’ช. Yang rela begadang , kadang ngantuk tetap ngoreksi artikel-artikel Kita. Makasih ya. Juga dapat teman-teman baru yang saling support saat "buntu"dalam menulis.
   Ga cuma itu sich, tapi mak Ranger ini juga bimbing Kita menulis sesuai kaidah EBI. Dari training ini juga belajar nulis dan langsung praktek begitu lulus jadi kontributor di emakpintar.org. Lega rasanya saat dinyatain lulus dan masuk ke grup alumni joeragan artikel posting artikel di blog juga emakpintar.org. Tapi di edit lagi sama mba Wuri Nugraeni. Langsung posting 5 artikel itu. Alhamdulillah responsnya bagus saat itu. Ada juga tulisan-tulisan Saya yang dishare wow bingits dech. Terus buat artikel lagi dan Ummi Aleeya buat grup namanya pasukan endorse, penulis yang punya blog yang pengen mengasah kemampuan menulis, dan ternyata mempromosikan produk dari beberapa UKM. Emak-emak yang berbisnis di promosikan melalui pasukan ini. Alhamdulillah dapat proyek. Ya itulah manfaa tnya kalau mengikuti training menulis di Joeragan artikel, selain dapat meningkatkan kemampuan menulis juga langsung dapat proyek. Ternyata kalau Kita menulis banyak artikel juga dapat job dari teh Indari Mastuti. Ternyata ada training lainnya kaya editor , resensi buku, jebol media, dan lainnya. Semoga ada rezekinya ikutan training lainnya. 

Komentar

Indah Mutiara Putri mengatakan…
ah kerren, ternyata kita satu komunitas. Mari terus bersinergi Mbak Rinny :)
Dhika mengatakan…
Seru ya mba kelas dan pr nya :) Sukses selalu ya
Dina mengatakan…
di JA apapun ada buat nambah ilmu kepenulisan.
Dedeh Sri Ulfah mengatakan…
Trining Joeragan Artikel memang kerren :)
Dedeh Sri Ulfah mengatakan…
Trining Joeragan Artikel memang kerren :)
Unknown mengatakan…
Asyiiik ada nama saya haha #norak. Keren mba Rinny sekarang jadi salah satu pemenang challenge dan dapat job. Selamat mba!
liesdiana mengatakan…
Tingkatkan kemampuan menulis di JA
Diah3anak mengatakan…
Menulis saya terasah di JA
Amerinnytrirezeki.com mengatakan…
Siap mba Vera, mba juga keren pake bingits , sukses juga buat JA dan mba Vera.
Amerinnytrirezeki.com mengatakan…
Ya bingits mba Dhika. Sukses juga buat mba
Mis Juli mengatakan…
Done mbak bener bener ekstra jelang deadline-nya tapi bikin adrenalin tertantang
Roik mengatakan…
Saya menunggu training resensi bukunya mak...
Wiwid Vidiannarti mengatakan…
Berkat JA, sekarang banjir job endorse ...
Eni Rahayu mengatakan…
Banyak sekali ilmu yg bisa didapat dr JA
Damar Aisyah mengatakan…
Rata2 alumni JA selalu puassss
mardanurdin.com mengatakan…
Alhamdulillah, investasi duitnya tidak sia-sia kan?
ennikurniasih mengatakan…
Aamiin. semoga makin sukses, ya
Unknown mengatakan…
Kita seangkatan kayaknya Mbak. Tapi beda PJ. Semangat teruuus...
Maya Agustina mengatakan…
Jadi banyak temen ya mba.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜
Bety Kristianto mengatakan…
Wuiih, jebolannya JA emang manteb
elizabeth septarini mengatakan…
Hihiii, slmt ya mbk sudah naik kelas, saya belummm hiks hiks hiks
Harus byk bljr lagi biar konsisten nulis.
Smangattt!!
elizabeth septarini mengatakan…
Hihiii, slmt ya mbk sudah naik kelas, saya belummm hiks hiks hiks
Harus byk bljr lagi biar konsisten nulis.
Smangattt!!
Feli Mulyani mengatakan…
Di JA kita memag selalu tertantang untuk berkembang
yaa..
Amerinnytrirezeki.com mengatakan…
Betul mak Din๐Ÿ˜
Amerinnytrirezeki.com mengatakan…
Makasih mba Kartika. Abis mba Kartika keren sich๐Ÿ˜

Postingan populer dari blog ini

Dian Restu Agustina Inspirasiku Dalam Menulis

   Saat ini saya sedang dalam situasi genting,  ga ding lebay ๐Ÿ˜…. Tepatnya ditantang membuat tulisan tentang seorang penulis, pengusaha atau tokoh. Nggak harus terkenal sih, tapi menginspirasi. Saya langsung teringat dengan salah satu teman Facebook yang juga satu komunitas di Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) dan komunitas blogger, Dian Restu Agustina.    Mbak Dian adalah seorang Ibu Rumah Tangga, freelance writer dan lifestyle blogger. Mengapa memilihnya? Lantaran setiap baca tulisannya, saya merasa bersemangat dan selalu terinspirasi. Saat jenuh melanda, membaca tulisan Mbak Dian membuat saya termotivasi lagi๐Ÿ˜.     Mbak Dian menulis tentang pengalaman sehari-hari menjadi seorang Ibu Rumah Tangga di blognya, www.dianrestuagustina.com. Ia juga menulis di beberapa media online seperti ummi-online.com, salah satunya: http://www.ummi-online.com/wahai-suami-hindari-kata-kata-ini-saat-bercanda-dengan-istri.html Dan di takaitu: http://takaitu.com/kamu-harus-tahu-ternyata-budaya-matr

Cara Menjadi Ibu yang Produktif di Rumah

(sumber:unsplash.com) Seorang Ibu  kadang merasa bosan saat berada di rumah, selalu ingin melakukan aktivitas yang bermanfaat. Di sela waktu mengurus rumah, suami dan anak. Dengan tugas yang ga ada habisnya, Ibu ingin produktif ,ya. Ada yang berbisnis online, freelancer, melakukan kegiatan yang disukai tetapi tetap bisa bermain dengan anak-anak. Lalu bagaimana ya caranya agar bisa tetap produktif di rumah?Inilah cara yang bisa Ibu lakukan dilansir dari berbagai sumber: 1. Buatlah perencanaan dan patuhilah. Dengan membuat perencanaan kita dapat menyelesaikan pekerjaan lebih baik ya, Bu. Karena sudah lebih tahu apa yang harus dilakukan hari itu. Bisa dengan membuat rencana harian, mingguan, atau bulanan. Dilakukan sebelum tidur malam, buat kegiatan yang biasa Ibu lakuin ya, berapa lama. Lalu dipatuhi. 2. Melakukan kegiatan sesuai hobi. Misalnya kalau Moms hobi merajut, masak, menulis dan lainnya. moms bisa lakukan disela waktu mengurus anak. Misalnya setelah anak berangkat se

Menikmati Pemandangan sambil Ngopi Di Ngopi di Kebon Bandung

Apa Emak suka ngopi? Atau ingin berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan di kebun, melihat pemandangan, bunga-bunga, menemani anak bermain, nikmatnya tiada tara ya. Saya juga sangat menikmati saat diajak ke ngopi di kebon Bandung suatu sore. Saat itu ada saudara yang tinggal di Bandung dan merekomendasikan tempat ini. Katanya bagus banget lho, makanannya enak-enak, Kita bisa lihat pemandangan, bukit, kebun dan bunga-bunga. Ternyata setelah Saya ke sana memang seru dan senang menikmati pemandangan di bukit yang tinggi. Melihat bunga-bunga, ada tempat bermainnya juga. Sewaktu  kesana memang udara sangat sejuk dan segar. Kita langsung pesan makanan. Sambil menunggu pesanan datang, Kita asyik melihat pemandangan yang menyegarkan mata. Melihat pemandangan Bandung Selatan, juga menemani keponakan main. Www.wisatabandung.com    Biasanya yang datang ke sana sekedar santai atau reuni atau arisan bisa juga buat yang foto pre-wedding atau resepsi nikahan. Indah banget pemandangannya. A