Langsung ke konten utama

Inilah 7 Alasan Menghabiskan Waktu Keluar Rumah baik untuk Kesehatan




Banyak orang yang suka menghabiskan waktunya di dalam rumah atau kantor selalu terpapar cahaya komputer, televisi. Terlalu sering menghabiskan waktu di dalam ruangan tentu tidak baik untuk kesehatan. Sekali waktu harus keluar rumah untuk menikmati pemandangan alam, menghirup udara segar.
Di dalam bukunya "The Nature Fix: Why Nature Makes Us happier, Heathier and More "seorang wartawan Florence William menuliskan manfaat dari menjelajahi alam setelah Ia mendaki gunung di Boulder, Ia menjelajahi alam dengan mendaki gunung atau sekedar pergi ke taman. Agar Ia merasa lebih berkonsentrasi, lebih bahagia. Tidak dipungkiri bahwa sebagian orang sekarang membutuhkan smartphone dan akses internet untuk aktivitasnya. Tetapi tidak ada salahnya sekali waktu pergi keluar rumah. Inilah alasan mengapa pergi keluar rumah baik untuk kesehatan:
Mengurangi resiko kematian.
Seseorang yang tinggal dekat dengan hutan, pegunungan atau taman memiliki resiko rendah kematian akibat kanker, paru-paru atau penyakit ginjal. Sebuah studi di Belanda meneliti 250.782 orang sehat karena selalu menghabiskan waktu menikmati lingkungan yang hijau.
Meningkatkan sistem imun.
Pergi keluar rumah, sekedar berjalan-jalan di taman sangat baik untuk kesehatan. Mengurangi resiko penyakit seperti flu, batuk, pilek dan lainnya. Lingkungan hijau sangat baik untuk meningkatkan sistem imun dan mempunyai efek yang untuk pertahanan tubuh terhadap penyakit.
Meningkatkan konsentrasi, lebih fokus dan lebih kreatif.
Seseorang yang menghabiskan waktu di luar rumah membuat lebih relax, jalan-jalan menikmati alam. Banyak pengalaman menarik sehingga saat kembali beraktivitas ide dan kreativitasnya meningkat. Untuk anak yang ADHD(attention Deficit Hyperactivity Disorder) lebih berkonsentrasi setelah berjalan-jalan selama 20 menit ke Taman kota.
Mengurangi resiko depresi, gangguan kejiwaan dan tekanan darah.
Di dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari seringkali seseorang dilanda depresi, stres sehingga mengalami tekanan darah rendah. Sebuah penelitian di Jepang membuktikan bahwa berjalan-jalan di luar ruangan mengurangi resiko tekanan darah tinggi yang mengakibatkan rasa jenuh dan stres.
Melindungi mata.
Sebuah penelitian di Taiwan anak yang memiliki myopia (rabun jauh) dari 17,65% menjadi hanya 8,42% setelah pergi keluar ruangan. Berarti beraktivitas di luar ruangan bermanfaat untuk melindungi mata dari resiko myopia(rabun jauh atau rabun dekat).
Mengurangi rasa nyeri atau radang.
Pergi keluar ruangan membuat tubuh banyak bergerak membuat nyeri berkurang. Penderita autoimun, radang usus, kanker yang pergi keluar ruangan menunjukkan perbaikan.
Meningkatkan daya ingat atau memori jangka pendek.
Sebuah penelitian yang diadakan di Universitas Michigan, sebuah tes memori dilakukan para siswa dibagi menjadi dua grup yang pertama berjalan di sekitar kota dan grup lainnya keliling kebun. Saat kembali kemudian di tes. Hasilnya menunjukkan bahwa grup yang berjalan di kebun memiliki memori yang lebih baik daripada yang berjalan di sekitar kota. Seseorang yang bekerja di lingkungan alam memiliki daya konsentrasi yang lebih baik daripada yang bekerja di kota.
Ternyata memang kita perlu keluar ruangan agar tubuh dan jiwa selalu sehat. Semoga bermanfaat.

Sumber:
www.businessinsider.in/12-science-backed-reasons-you-should-spend-more-time-outside/articleshow/59515923.cms

Komentar

Farida Pane mengatakan…
Hmm.. Betul 3x. Aktivitas outdoor penting juga untuk kesehatan ya :)
Zilqiah Angraini mengatakan…
aq dulu sering diomel sama ummiku kalau suka bawa anak2 keluar rumah, awa nanti anaknya sakit, bla bla bla dan banyak deh pokoknya ahaha akhirnya bisa ngasih baca ini deh nanti ke ummiku hahaha. thanks artikelnya mbak. salam kenal
Martika Sandra mengatakan…
Kalo utk anak-anak minimal 2 jam bermain di luar rumah setiap hari
Amerinnytrirezeki.com mengatakan…
Iya mba bener banget lho terutama kesehatan mental
Amerinnytrirezeki.com mengatakan…
Sama-sama mba soalnya bagus buat perkembangan anak, kalau di rumah terus anak cepat bosan, salam kenal juga😘
Amerinnytrirezeki.com mengatakan…
Iya mba pagi dan sore
Muyassaroh mengatakan…
Dan saya sangat jarang main keluar rumah..hehe. Harus dimulai sekarang deh main-main minimal di teras rumah, lihat tanaman tumbuh juga menyenangkan...terima kasih sharingnya mbak..^^
Aprillia Ekasari mengatakan…
Saya jg suka keluar rumah. Trus biasanya gak bawa gadget atau inet saya matikan. Supaya gak liat scren2 lagi :D
Bisa lbh refresh sih saat menikmati dunia nyata :D
Amerinnytrirezeki.com mengatakan…
Nener banget mba
Amerinnytrirezeki.com mengatakan…
Vener banget mba😍
Amerinnytrirezeki.com mengatakan…
Iya mba keluar menikmati udara apalagi pagi hari, bagus banget.

Postingan populer dari blog ini

Dian Restu Agustina Inspirasiku Dalam Menulis

   Saat ini saya sedang dalam situasi genting,  ga ding lebay 😅. Tepatnya ditantang membuat tulisan tentang seorang penulis, pengusaha atau tokoh. Nggak harus terkenal sih, tapi menginspirasi. Saya langsung teringat dengan salah satu teman Facebook yang juga satu komunitas di Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) dan komunitas blogger, Dian Restu Agustina.    Mbak Dian adalah seorang Ibu Rumah Tangga, freelance writer dan lifestyle blogger. Mengapa memilihnya? Lantaran setiap baca tulisannya, saya merasa bersemangat dan selalu terinspirasi. Saat jenuh melanda, membaca tulisan Mbak Dian membuat saya termotivasi lagi😍.     Mbak Dian menulis tentang pengalaman sehari-hari menjadi seorang Ibu Rumah Tangga di blognya, www.dianrestuagustina.com. Ia juga menulis di beberapa media online seperti ummi-online.com, salah satunya: http://www.ummi-online.com/wahai-suami-hindari-kata-kata-ini-saat-bercanda-dengan-istri.html Dan di takaitu: http://takaitu.com/kamu-harus-tahu-ternyata-budaya-matr

Cara Menjadi Ibu yang Produktif di Rumah

(sumber:unsplash.com) Seorang Ibu  kadang merasa bosan saat berada di rumah, selalu ingin melakukan aktivitas yang bermanfaat. Di sela waktu mengurus rumah, suami dan anak. Dengan tugas yang ga ada habisnya, Ibu ingin produktif ,ya. Ada yang berbisnis online, freelancer, melakukan kegiatan yang disukai tetapi tetap bisa bermain dengan anak-anak. Lalu bagaimana ya caranya agar bisa tetap produktif di rumah?Inilah cara yang bisa Ibu lakukan dilansir dari berbagai sumber: 1. Buatlah perencanaan dan patuhilah. Dengan membuat perencanaan kita dapat menyelesaikan pekerjaan lebih baik ya, Bu. Karena sudah lebih tahu apa yang harus dilakukan hari itu. Bisa dengan membuat rencana harian, mingguan, atau bulanan. Dilakukan sebelum tidur malam, buat kegiatan yang biasa Ibu lakuin ya, berapa lama. Lalu dipatuhi. 2. Melakukan kegiatan sesuai hobi. Misalnya kalau Moms hobi merajut, masak, menulis dan lainnya. moms bisa lakukan disela waktu mengurus anak. Misalnya setelah anak berangkat se

Menikmati Pemandangan sambil Ngopi Di Ngopi di Kebon Bandung

Apa Emak suka ngopi? Atau ingin berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan di kebun, melihat pemandangan, bunga-bunga, menemani anak bermain, nikmatnya tiada tara ya. Saya juga sangat menikmati saat diajak ke ngopi di kebon Bandung suatu sore. Saat itu ada saudara yang tinggal di Bandung dan merekomendasikan tempat ini. Katanya bagus banget lho, makanannya enak-enak, Kita bisa lihat pemandangan, bukit, kebun dan bunga-bunga. Ternyata setelah Saya ke sana memang seru dan senang menikmati pemandangan di bukit yang tinggi. Melihat bunga-bunga, ada tempat bermainnya juga. Sewaktu  kesana memang udara sangat sejuk dan segar. Kita langsung pesan makanan. Sambil menunggu pesanan datang, Kita asyik melihat pemandangan yang menyegarkan mata. Melihat pemandangan Bandung Selatan, juga menemani keponakan main. Www.wisatabandung.com    Biasanya yang datang ke sana sekedar santai atau reuni atau arisan bisa juga buat yang foto pre-wedding atau resepsi nikahan. Indah banget pemandangannya. A